Sabtu, 05 Maret 2011

Menjual Tour De Singkarak


Tour De Singkarak merupakan salah satu event olahraga yang berbasis pariwisata, tahun ini merupakan tahun ke-3 penyelenggaran Tour De Singkarak. Sejak tahun 2009 hingga tahun 2011 ini sudah terlihat bagaimana kemajuan event olahraga ini. Tour De Singkarak mempunyai tujuan untuk menyaingi Tour De France. Pertama kali di gelar pada tahun 2009 diikuti 15 negara dengan jarak tempuh 458 km terbagi dalam lima etape berlangsung selama tujuh hari dengan total hadiah Rp 600 juta. Sedangkan tahun 2010 ditambah menjadi 700-750 km, terbagi dalam tujuh etape dengan total hadiah Rp 750 juta. Sementara pada tahun 2011 ini Tour De Singkarak akan menempuh 813 km. Dari sisi peserta Tour De Singkarak selalu meningkat dari tahun ke tahun. Dalam perkembangan lainnya Tour De Singkarak juga berusaha untuk mewujudkan tujuannya menjadi saingan Tour De France. Pada tahun 2010 Tour De Singkarak sudah masuk dalam kalender tahunan Organisasi Balap Sepeda Dunia (UCI) sehingga Tour De Singkarak, sehingga pada penyelenggaraannya sudah masuk dalam agenda para pembalap sepeda dunia. Pada penyelenggarannya yang ke-3 tahun 2011 ini Tour De Singkarak menggandeng Amaury Sport Organization (ASO) dari Prancis untuk meningkatkan kualitas kompetisi balap sepeda Tour de Singkarak 2011. ASO sendiri memiliki pengalaman panjang dalam penyelenggaraan Tour de France, reli Paris Dakkar, dan Paris Marathon.

Tour De Singkarak berdasarkan dalam agenda Organisasi Balap Sepeda Dunia (UCI) akan diselenggarakan pada tanggal 6 sampai dengan 12 Juni 2011. Tour De Singkarak akan dibagi menjadi 7 etape masing-masing Etape I Padang, Etape II Padang-Pariaman, Etape III Pariaman-Bukittinggi, Etape IV Bukittinggi-Payakumbuh, Etape V Payakumbuh-Sawahlunto, Etape VIA Sawahlunto-Pagaruyung, Etape VIB Pagaruyung-Padangpanjang, dan Etape VII Padangpanjang-Danau Singkarak. Selama 2 kali penyelenggaran masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan khususnya dalam mengelola Tour De Singkarak untuk menjadi sebuah industri olahraga yang baik. Tour De Singkarak memiliki diferensiasi yang benar – benar unik dibandingakan event – event olahraga lainnya. Perpaduan antara olahraga dan wisata merupakan diferensiasi yang bisa dijual kepada para atlet – atlet dunia dan pecinta sepeda di dunia. Lalu bagaimana cara menjual event olahraga berkelas dunia ini ?

Taktik Selling Tour De Singkarak

Selling bukan hanya sekedar aktivitas menjual, selling menurut Hermawan Kartajaya adalah bagaimana menciptakan hubungan jangka panjang dengan para pelanggan melalui produk atau jasa perusahaan. Selling adalah taktik yang dapat mengintegritaskan perusahaan, pelanggan dan relasi antara keduanya. Berdasarkan pengertian itu maka dalam kasus Tour De Singkarak, maka pihak penyelenggara sebagai produsen harus mampu menjaga hubungan yang baik dengan stakehodernya baik itu atlet yang berpartisipasi, sponsor dan pihak – pihak yang berkepentingan di dalamnya seperti Amaury Sport Organization (ASO) dan Union Cycliste Internationale (UCI) dan tidak kalah pentingnya adalah bagaimana menjaga hubungan dengan para konsumen Tour De Singkarak. Dalam selling ada tingkatan – tingkatan yang harus dapat dipenuhi oleh pihak penyelenggara. Tingkatan – tingkatan selling yang diutarakan oleh Hermawan Kartajaya antara lain :
1.       Penjualan Fitur
Untuk menjadi ajang berkelas dunia Tour De Singkarak harus mampu menghadirkan atlet – atlet sepeda kelas dunia, salah satunnya adalah menjual fitur kepada para atlet kelas dunia. Penjualan fitur dalam hal ini adalah bagaimana etape – etape yang akan dilalui dan sarana serta prasarana lainnya yang menunjang Tour De Singkarak. Inilah yang sedang dilakukan pihak penyelenggara sebagai produsen. Mereka selalu menyajikan etape – etape dengan pemandangan – pemandangan berkelas dunia, pihak penyelenggara pun sedang mulai menggarap serius penginapan – penginapan dan infrastruktur lainnya. Setiap tahun selalu ada etape – etape baru yang cukup menarik bagi atlet dunia. Dengan adanya fitur – fitur terbaru maka Tour De Singkarak akan memiliki nilai tambah dibandingakan event – event olahraga sejenis. Penbaruan fitur ini juga akan berdampak baik kepada para konsumen Tour De Singkarak. Dengan demikian maka hubungan emosional antara atlet, konsumen, stakeholder dengan pihak produsen dalam hal ini Penyelenggara Tour De Singkarak akan berlangsung dalam waktu yang lama.
2.       Penjualan Manfaat
Tour De Singkarak harus mampu memposisikan diri sebagai event olahraga yang menjual manfaat baik bagi atlet itu sendiri, konsumen, dan pihak – pihak yang terlibat (Pemerintah Daerah, UCI maupun ASO).
3.       Penjualan Solusi
Tour De Singkarak harus mampu sebagai event yang memberikan solusi bagi seluruh satkeholdernya termasuk didalamnya konsumen. Tour De Singkarak yang merupakan event olahraga wisata sebenarnya memiliki banyak solusi yang diberikan oleh pihak penyelenggara. Para atlet dan konsumen lainnya tidak hanya sekedar berlomba tapi juga memiliki solusi – solusi lainnya seperti berwisata didaerah – daerah yang menjadi etape Tour De Singkarak. Yang paling penting adalah Tour De Singkarak mampu memberikan solusi bagi Pemerintah Daerah sebagai ajang promosi dan meningkatkan pendapatan daerah.

Proses Selling Tour De Singkarak

Dalam hal ini, saya kan berusaha menjabarkan bagaimana seharusnya Tour De Singkarak menjual sebuah event :
1.       Prospecting
Yaitu proses mengidentifikasi atlet yang akan berlaga dan stakeholder lainnya serta tidak lupa adalah mengidentifikasi konsumen. Informasi mengenai calon – calaon yang disebutkan diatas dapat dilihat di media massa, data di organisasi balap sepeda dunia dan sebagainnya.
2.       Investivigasi
Pihak penyelenggara harus mampu mengintevigasi terhadap kebutuhan, keinginan dan permasalahan atlet, stakeholder dan konsumen.
3.       Pendekatan
Melakukan pendekatan dimana pihak penyelenggara Tour De Singkarak melakukan kontak – kontak yang pertama untuk mendapatkan rekationship awal.
4.       Presentasi
Melakukan presentasi untuk memberikan gamabaran mengenai kemampuan pihak penyelenggara Tour De Singkarak baik pelayanannya maupu hal – hal lainnya seperti ifrasturuktur.
5.       Menjawab
Setiap keberatan yang diajukan oleh para atlet, stakeholder dan konsumen harus dijawab. Hal ini lumrah karena mereka secara psikologis memiliki resistensi, keengganan dan sejumlah keraguan terhadap hal – hal baru yang diketahui.
6.       Menyelesiakan Penjualan
Menyelesaikan penjualan dengan sebuah kontrak, tentu saja prosesnya tidak hanya sampai disini saja. Namun pihak penyelenggara harus mampu menjaga hubungan dan melakukan maintenance retention  dengan para atlet, stakeholder maupun konsumen.

Dengan selling yang tidak hanya menjual saja melainkan menjaga hubungan dengan atlet, stakeholder dan konsumen maka Tour De Singkarak akan memiliki value yang lebih dibandingkan event – event olahraga sejenis. Membuat Tour De Singkarak menjadi besar seperti Tour De France memang bukan suatu hal yang mustahil bagi bangsa ini. Syaratnya semua insane olahraga, stakeholder olahraga dan semua yang terkait dalam ajang ini termasuk rakyat Indonesia harus mendukung dan bekerja secara cerdas. SALAM OLAHRAGA !!!!!!!!!!!

Penulis : Joko Purnomo , SAB

3 komentar:

  1. Mas, izin saya kutip beberapa bagian dari tulisan2 yang gubah di blog ini demi kepentingan ilmu dan pengembangan olahraga di Sumbar.

    BalasHapus
  2. Silakan Mas,,Dengan Senang Hati,,kalau bisa kita share bareng tentang sport industri,,

    BalasHapus
  3. WINNING303
    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...
    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER
    6. TOGEL SGP
    PENAWARAN PROMOSI: DAFTAR SEKARANG
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS
    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,7%
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388
    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di : DAFTAR SEKARANG
    Website : Winning303. casino
    WA: 087785425244

    BalasHapus