Minggu, 23 Januari 2011

Mengelola Sepak Bola Indonesia Menjadi Industri Olahraga Berbasis Ekonomi Pancasila (Managing Indonesia Football Sports Industry Becoming Pancasila-Based Economy)


Sepak bola merupakan sebuah olahraga yang dapat membuat lupa segalanya, bahkan ketika negeri tercinta ini sedang dalam bencana, harga-harga kebituhan yang melonjak dan lainnya sepak bola dapat memberikan sebuah kebahagian walaupun Cuma sesaat. Dengan jumlah penduduk yang cukup besar kurang lebih 240 juta orang, Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat menarik bila Industri olahraga di cabang olahraga dikelola dengan baik. Namun sayangnya ketidak profesionalan para stakeholder olahraga sepak bola ini yang membuat industri olahraga sepakbola kurang berkembang. Di negara – negara lain Industri Sepak Bola telah menjelma sebagai sebuah industri olahraga yang mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Sepak bola bukan lagi sebuah hobi namun sudah menjadi komoditas yang diperjualbelikan. Namun bila melihat ke Indonesia Industri Sepak Bola sangatlah Suram, Pada tahun 2009 ketika sebuah seminar mengenai industri olahraga diceritakan bahwa memang setiap pertandingan sepakbola dipehuhi oleh para penonton, namun dengan penuhnya penonton belum mampu menutup kerugian yang diderita club. Di tengah minimnya dana yang dialokasikan pemerintah untuk pembinaan dan pengembangan olahraga sepakbola di tanah air, kita justru melupakan upaya optimalisasinya. Inefisiensi biaya, kondisi perwasitan yang tidak diperhatikan serta banyaknya klub yang mesti timbul-tenggelam dalam keikutsertaannya di Liga Domestik menunjukkan, betapa industri sepakbola di negara kita masih sangat jauh dari harapan, apalagi untuk bisa menguntungkan layaknya sebuah industri.

Salah satu hal yang paling menonjol adalah ketidakmampuan klub mengelola potensi yang mereka miliki menjadi aset bisnis yang menguntungkan. Karena itu, banyak klub yang akhirnya mengandalkan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk membiayai operasional klub. Sayangnya, kemudahan mendapatkan dana APBD ini juga tidak mampu dimaksimalkan untuk mendapatkan keuntungan. Dana yang setiap tahun mengucur, habis untuk satu musim kompetisi. Meski terlihat dikelola secara independen oleh sebuah perusahaan, Liga Super Indonesia yang saat ini bergulir ternyata belum bisa dikatakan mandiri. Mayoritas saham yang dikuasai PSSI membuat dugaan mudahnya PT Liga diintervensi. Salah satu contoh yang muncul dalam pemberitaan media massa adalah kasus tanding ulang Persik Kediri versus Persebaya Surabaya musim lalu. Persik, yang dua kali gagal menggelar laga melawan Persebaya, akhirnya diberi kemenangan WO pada kesempatan ketiga setelah Persebaya memutuskan tidak hadir. "Kami menduga PT Liga sudah diintervensi orang dalam PSSI yang punya kepentingan, dan pertandingan yang seharusnya batal itu akhirnya tetap diselenggarakan dengan alasan apa pun agar Persebaya tersingkir," kata Manajer Surabaya Gede Widiade pada Agustus lalu. Penguasaan PSSI atas saham PT Liga juga membuat klub-klub menjadi kerdil karena tidak mendapat pembagian keuntungan dari penyelenggaraan kompetisi. Berbagai pendapatan hasil kontrak sponsor serta hak siar televisi tidak terdistribusi dengan baik ke klub-klub. Kondisi ini membuat klub-klub kesulitan memperbesar pendapatan mereka. Sebagai contoh Arema Malang. Tim juara Liga Super musim lalu ini dikabarkan masih menanggung utang sekitar Rp 5 miliar.

Memang sudah saatnya sepak bola dijadikan sebuah industri olahraga yang professional, namun yang harus diperhatikan sekarang adalah banyak para penggemar sepak bola di Tanah Air yang tidak setuju bila sepak bola mengarah ke sport industry. Sebagai contoh adalah para supporter yang mengatakan

Kamilah orang2 yang selalu menonton kehidupan (bukan sekedar olahraga) sepakbola dari sudut pandang mereka yang selalu menyaksikan pertandingan di sektor paling buruk dalam stadion. Dari sudut pandang orang2 yang tidak membutuhkan kenyamanan saat mendukung timnya beratus2 kilometer dari rumah. Jadi kami adalah supporter, kami adalah ultras.. Kenyataan memang pahit. Sepakbola mulai berubah! Ke arah sebuah industri sepakbola moderen (FUCK OFF.. Kami ga butuh industri sepakbola!!!) Lalu apa yang bisa kita perbuat?? Tak ada! Sebenarnya apa yang menjadi keunggulan sepakbola sehingga bisa menjadi sangat terkenal?? Sebagai sebuah olahraga rasanya tak ada kelebihan yang menonjol dari sepakbola “.
Dilain itu, saya pernah mensurvei masyarakat Kota Jakarta pada tahun 2010 yang hasilnya sebanyak 52% masyarakat tidak setuju apabila sepak bola dijadikan sebuah industri. Mereka mayoritas memang mengatakan bahwa harga tiket yang semakin mahal membuat mereka sulit untuk masuk, bahkan seorang penonton mengatakan selama ini ia harus rela untuk mengutang hanya untuk menonton sepak bola. Bahkan dalam sebuah web ultraspss.info seorang suporter mengatakan :
“ para penonton sepakbola selalu dipandang sebagai sisi buruk kehidupan manusia, Pekerja kelas bawah, anak2 jalanan, gerombolan gangster.. ya kaum marginal.. kami sudah disamakan dengan kriminal! Itulah yang kini mereka coba ubah! Menjadikan sepakbola Indonesia menjadi sebuah industri penghasil Uang! Ya uang.. uang adalah segala2nya. Semua tergiur melihat industri sepakbola di eropa, banyak marchendise klub yang laris manis dan menghasilkan uang. Bagaimana mereka bisa merealisasikan ini?? Dengan menyingkirkan kami para supporter, kami yang dianggap menghambat kemajuan sepakbola, ataukah menghambat pemasukan mereka?? Perubahan memang belum tampak tapi indikasi ke arah sana terlihat jelas. Harga tiket yang selalu melambung tinggi belakangan ini bagai sebuah ‘larangan’ bagi supporter dari kalangan bawah untuk datang ke stadion.
Bahkan dari kelompok kami sendiri banyak yang harus utang sana-sini untuk dapat sekedar menonton pertandingan di kandang sendiri. Yang lebih mengenaskan adalah tribun sektor khusus supporter mulai dimasuki mereka dari kalangan non-supporter. Pernah dalam suatu pertandingan kami lihat sekeluarga duduk manis di kurva utara!!??? Apa2an ini?? ini daerah kami! ini tempat kami bernyanyi, ini surga kami dimana kami bisa mengekspresikan kebebasan! Kenapa kalian harus duduk disini?? Kini semua orang membicarakan sepakbola, walau masih sekedar sepakbola eropa. Orang2 inilah yang akan menjadi target PSSI untuk masuk ke stadion2 kita.
Mereka yang tau sepakbola dari televisi dan media cetak, mereka yang taunya hanya melihat kehebatan christiano ronaldo dengan gocekan2 mautnya, para perempuan yang menyukai sepakbola hanya karena para pemain di eropa berparas tampan, mereka yang saat ini hanya bisa mencaci maki sepakbola Indonesia. Sepakbola kita kampungan, sepakbola kita kebanyakan ricuh, supporter bola disini ga kaya di inggris yang bisa nonton tertib, sepakbola disini bisanya cuma tawuran, katrok, ndeso dll.. BULL SHIT!!! Tau apa kalian tentang sepakbola??? tau apa kalian tentang supporter?? tau apa kalian tentang semangat, keyakinan, gairah, kehormatan, dan harga diri?? taukah kalian bahwa… di eropa sana korban meninggal akibat sepakbola jauh lebih banyak daripada di negeri kita sendiri???? Lebih baik kalian teruskan ‘dunia sepakbola kalian’ sebuah mimpi indah di layar kaca.. karena kenyataanya di lapangan mungkin tak seindah yang kalian bayangkan.
Memang melihat kondisi sepakbola kita, jauh rasanya dari sebuah industri, jauh rasanya dari sepakbola moderen yang diimpikan semua kalangan masyarakat. Apakah kita menuju sebuah industri sepakbola yang nantinya menjadi pemasukan bagi klub kesayangan kita?? Ataukah kita menuju industri untuk mengencangkan sifat mercantilist dari para petinggi sepakbola kita?? Sebagai sumber pemasukan, Sebagai sebuah mesin penghasil uang??? Jangan sampai terjadi!! Sepakbola disini masih milik kami para supporter! Lalu kenapa kalian mau ambil apa yang kami miliki?? Melambungnya harga tiket pertandingan, Pelarangan menyalakan kembang api, pelarangan memasang spanduk2 yang mengkritik otoritas sepak bola Indonesia, apa yang kalian cari?? Jawabannya uang! Sikap mercantilist yang nantinya akan mematikan kita “para pemilik sepakbola yang sebenarnya!” Jangan ambil kesenangan kami, Jangan ambil hidup kami! “
Inilah permasalahan yang terjadi dalam sepakbola,, di satu sisi sepakbola haruslah menuju sebuah industri olahraga yang memiliki profesionalitas, namun di sisi lain banyak para supporter bola yang risih dengan diterapkannya sebuah industri olahraga, lalu bagaimana seharusnya menerapkan sebuah industri olahraga yang dapat menciptakan profesionalitas dan mampu di terima oleh semua masyarakat ?? salah satu caranya adalah dengan membangun industri olahraga sepak bola berbasis ekonomi pancasila. Ekonomi Pancasila
Bangsa ini sedang mengalami sebuah pergolakan di dalam dirinya, banyak masyarakat yang sekarang lupa akan Pancasila, padahal didalam Pancasila sudah tergambar dengan jelas bagaimana seharusnya kita bersikap. Tidak hanya dikalangan masyarakat bawah saja Pancasila seakan – akan dilupakan, tetapi di kalangan elit pemerintahan Pancasila seakan hanya menjadi sebuah lukisan yang dibingkai. Di dunia pendidikan pun Pancasila sudah tidak diajarkan seperti dahulu, bahkan dibangku Universitas mata kuliah Pancasila di Hilangkan. Padahal di dalam Pancasila semua sudah diatur, termasuk didalamnya Ekonomi Pancasila. Industri Olahraga merupakan bagian dari ilmu Ekonomi, dan karena itulah ketika permasalahan sepak bola yang terjadi diatas terjadi dapat diatasi dengan membangun sebuah industri olahraga yang berbasis ekonomi Pancasila. Disatu sisi pihak Produsen dalam hal ini PSSI dan Organisasi yang berkaitan dengan industri sepak bola di Indonesia tidak sepihak menjadikan Industri sepak bola sebagai alat untuk mencari keuntungan sebesar – besarnya tanpa mempertimbangkan keluhan konsumen seperti yang tergambar diatas. Dengan industri sepak bola berbasis ekonomi pancasila maka akan dipertemukan suatu titik keseimbangan antara produsen dengan konsumen.
Beberapa Pemikiran Dasar Industri Sepak Bola Berbasis Ekonomi Pancasila !!!!!!
Pertama – tama pada tataran filosofi Ekonomi Pancasila, maka sebuah industri sepak bola di Tanah Air harus didasari oleh nilai – nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Atas dasar itu lah maka sebuah industri sepak bola yang berbasis Ekonomi Pancasila tidak semata – mata bersifat materialistis. Karena berlandas pada keimanan dan ketakwaan yang timbul dari pengakuan kita pada Ketuhanan Yang Maha Esa. Keimanan dan ketakwaan menjadi landasan spiritual, moral dan etik bagi penyelenggaraan industri sepak bola berbasis Ekonomi Pancasila. Dengan demikian industri sepak bola Tanah air yang berbasis Ekonomi Pancasila dikendalikan oleh kaidah-kaidah moral dan etika, sehingga penyelenggaran sebuah industri olah raga di Indonesia adalah industri sepak bola yang berakhlak. Dengan demikian maka masalah – masalah penyelenggaran industri sepak bola di Indonesia seperti yang terjadi saat ini seperti, penyuapan wasit, mengontrol hasil pertandingan dan sebagainya dapat dihindarkan. Industri sepak bola yang berbasis Ekonomi Pancasila yang berlandaskan nilai kemanusia yang adil dan beradab, menghormati martabat kemanusian serta hak dan kewajiban asasi manusia dalam sebuah industri sepak bola. Dengan demikian maka sangat jelas bahwa dalam sebuah industri sepak bola yang berbasis ekonomi pancasila tidak mengenal “ industry animal “, dimana yang satu akan memangsa yang lain. Dengan memahami ini secara mendalam maka tidak akan muncul permasalahan antara yang mendukung industri di sepak bola dengan yang tidak mendukung.

Bila kita melihat industri – industri sepak bola di negara lain, sangat terlihat jelas bahwa industri olahraga khususnya di bidang sepak bola telah menyatu karena pasar telah menjadi global. Namun selama masih ada Bangsa dan Negara Indonesia maka industri sepak bola yang berbasis Ekonomi Pancasila harus tetap diabadikan bagi prestasi sepak bola dan industri yang mensejahterakan rakyat Indonesia. Sila Persatuan Indonesia mengamanatkan kesatuan sebuah industri sepak bola yang mengarah ke kesatuan ekonomi sebagai penjabaran wawasan nusantara di bidang ekonomi. Globalisasi di bidang industri olahraga khususnya di sepak bola tidak akan menyebabkan internaliosasi kepentingan olahraga dan industri olahraga Indonesia itu sendiri. Kepentingan Ekonomi yang diakibatkan oleh industri sepak bola di Tanah Air akan tetap diabadikan untuk kepentingan kemajuan olahraga Indonesia dan kepentingan bangsa Indonesia. Dengan demikian Industri sepak bola berbasis Ekonomi Pancasila merupakan wawasan kebangsaan dan tetap membutuhkan sikap patriotik dari para pelakunya. Sila ke-emapt dalam Pancasila menunjukan pandangan bangsa Indonesia mengenai kedaulatan rakyat dan bagaimana demokrasi dijalankan di Indonesia. Dalam industri sepak bola Tanah Air yang berbasis Ekonomi Pancasila seharusnya dikelola dalam sebuah sistem demokratis. Nilai – nilai dasar sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia menunjukan bahwa seharusnya industri sepak bola di Tanah Air harus memperhatikan semua aspek di dalamnya termasuk bagaimana semua orang dapat merasakan sebuah pertandingan olahraga sepak bola baik itu orang yang kaya atau miskin, dan orang yang sehat maupun yang berkebutuhan khusus. Selain itu sila ke-5 ini juga mengisyaratkan bahwa seharusnya sebuah industri sepak bola dapat dirasakan manfaatnya bagi seluruh warga di Indonesia.

Sesungguhnya dalam undang – undang sistem keolahragaan nasional No.3 Tahun 2005 sudah dijabarkan bagaimana sebuah industri olahraga di Indonesia. Sangatlah jelas bahwa dalam undang – undnag tersebut terlihat bagaimana Ekonomi Pancasila menyatu dengan industri olahraga di Indonesia. Dalam undang – undang sistem keolahragaan nasional itu semua industri olahraga harus memperhatikan aspek tujuan olahraga nasional dan prinsip penyelnggaran olahraga nasional, dan bila kita lihat satu persatu point dari tujuan dan penyelengaraan olahraga nasional sangat terlihat jelas bahwa nilai – nilai Pancasila terkandung didalamnya. Yang harus tetap diperhatikan dalam industri olahraga adalah bahwa setiap kegiatan industri olahraga wajib memperhatikan tujuan keolahragaan nasional dan prinsip penyelanggaraan keolahragaan, hal ini sesuai dengan Pasal 78 UU Sistem Keolahragan Nasional Republik Indonesia No 3 Tahun 2005. Tujaan keolahragaan nasional sesuai dengan Pasal 4 UU Sistem Keolahragaan Nasional Republik Indonesia No 3 Tahun 2005 adalah memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportivitas, disiplin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkukuh ketahanan nasional, serta mengangkat harkat, martabat dan kehormatan bangsa. Dari tujuan olahraga nasional yang telah dijabarkan diatas nampak jelas bahwa nilai – nilai pancasila sangan terikat didalamnya. Prinsip penyelenggaraan keolahragaan juga merupakan faktor yang wajib dijadikan perhatian ketika kita membangun industri olahraga, sesuai pasal 5 UU Sistem Keolahragaan Nasional  Republik Indonesia No 3 Tahun 2005 keolahragaan diselenggarakan dengan prinsip :
1.       Demokratis, tidak diskriminatif, dan menjunjung tinggi nilai keagamaan, nilai budaya, dan kemajemukan bangsa.
2.       Keadilan sosial dan kemanusian yang adil dan beradab
3.       Sportivitas dan menjunjung tinggi nilai etika dan estetika
4.       Pembudayaan dan keterbukaan.
5.       Pengembangan kebiasaan hidup sehat dan aktif bagi masyarakat.
6.       Pemberdayaan peran serta masyarakat.
7.       Keselamatan dan keamanan
8.       Keutuhan jasmani dan rohani.
Dari point tentang penyelenggaran olahraga nasional juga telihat jelas bahwa Pancasila merupakan dasar pertimbnagn dalam membangun sebuah industri olahraga di Indonesia. Sehingga bila industri sepak bola benar – benar berbasis Ekonomi Pancasila diterapkan dan ditambah dengan memperhatikan dengan benar aspek tujuan dan penyelenggaran olahraga nasional maka permasalahan – permasalahan mengenai industri sepak bola dan persepakbolaan Tanah Air dapat diminimalisir dah bakan dapat dihindari. Pengembangan pola kemitraan dalam industri olahraga sesuai dengan undang – undang keolahragaan nasional merupakan contoh lain bagaimana sebuah industri sepak bola berbasis Ekonomi Pancasila banar – benar berlandasakan Pancasila.

Tantangan bagi kita sekarang adalah bagaimana secara tepat kita menjabarkannya dalam konsep-konsep industri sepak bola berbasis Ekonomi Pancasila untuk nantinya dioperasionalkan dan dituangkan dalam rencana rencana industri sepak bola Tnah Air. Dalam upaya itu jelas tidak ada jalan yang lurus dan jelas tidak ada yang mulus. Kadangkadang kita harus berbelok ke kiri, berbelok ke kanan, bahkan kadang-kadang harus mundur dulu sedikit kemudian maju lagi. Yang penting kita harus menjaga bahwa arahnya tetap konsisten, betapa pun dari saat ke saat kebijaksanaan-kebijaksanaan pembangunan harus disesuaikan dengan situasi. Betapa pun juga kita telah menyatakan bahwa Pancasila adalah ideologi terbuka, yang terus berkembang mengikuti dinamik masyarakat. Namun, nilai-nilai dasarnya tidak pernah berubah. Dengan industri olahraga sepak bola berbasis Ekonomi Pancasila ditambah dengan memperhatikan tujuan dan penyelenggaran olahraga nasional maka permasalhan – permasalhan yang telah dijabarkan dalam paragraph pertama dapat diatasi. Saat kembali ke Pancasila sebagai landasan Industri Olahraga Sepak Bola demi terciptang profesionalitas dan prestasi sepak bola Tanah Air. Salam Olahraga !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Penulis : Joko Purnomo SAB

Daftar Pustaka :
Ginandjar Kartasasmita ; Membangun Ekonomi Pancasila : Disampaikan pada Rakernas AMPI
Jakarta, 26 Agustus 1997







34 komentar:

  1. Mantap tulisannya... mohon ijin copy paste... terima kasih..

    BalasHapus
  2. Tergelitik oleh hasil investigasi majalah Tempo, saya jadi berpikir perlu adanya ‘orang kuat’ pada setiap klub di Indonesia. Mengacu banyak klub di Eropa seperti siapa yang tidak mengenal Berlusconi pemilik AC Milan, Abramovich bosnya Chelsea, Florentino Pérez di Real Madrid ataupun Glazer bersaudara di Man.United dan sebagainya. Seperti halnya ISL yang diragukan, nampaknya LPI pun bisa jadi meragukan karena permodalan klub yang bersumber dari satu sumber yakni konsorsium. Tolong Mas Joko bisa memberikan pandangannya kalaupun sepakbola industri indonesia memerlukan ‘orang kuat’ seperti halnya di Eropa. trims…

    BalasHapus
  3. Orang kuat dalam industri olahraga sepakbola di Indonesia berbeda dengan orang kuat dengan industri olahraga eropa atau di negara lain,,dalam industri olahraga sepakbola di indonesia orang kuat itu memiliki motif2 tertentu dalam memimpin,,apakah anda yakin bahwa LPI benar2 tulus mengadakan kompetisi ?? yang saya takut kan adalah LPI vs ISL adalah Demokrat vs Golkar,,saya cuma khawatir itu benar2 terjadi,,apalagi liat respon dari semua pihak di indonesia tentang LPI vs ISL,,Sementara orang kuat di industri olahraga Sepakbola eropa dan lainnya bertujuan untuk membuat sebuah club benar2 mandiri, bukan politik,,jadi dari sini kita bisa liat perbedaan " orang kuat " di industri olahraga Indonesia sama luar,,namun satu hal kekurangan industri olahraga sepakbola di luar negeri adalah mereka kebablasan dalam mencari keuntungan,,dan oleh sebab itu konsep industri olahraga di luar negeri seperti eropa dapat dibatasi dengang penerapan yang berbasis pancasila,,

    BalasHapus
  4. Maksud saya bukan untuk membahas rivalitas LSI dan LPI, tapi yang saya minta mas Joko untuk memberikan ulasan dan pandangannya pentingnya "orang kuat" (ekonomi, politik atau apa saja) dalam industri sepak bola di Indonesia. Dengan demikian bila setiap klub memiliki ataupun duduk dalam manajemen "orang kuat" tersebut, saya kira kompetisi tak akan seburuk dan carut marut seperti saat ini, ungkin akan ada rasa saling mengawasi dan tercipta keseimbangan.

    BalasHapus
  5. masalalahnya di Indonesia ketika orang kuat baik dari politik, ekonomi ataupun apa saja yang tidak memiliki jiwa olahraga menduduki jabatan manajeman dalam suatu club olahraga mereka memiliki tujuan lain,,dan itu yang terjadi di indonesia,,memang orang kuat pentung dalam sebuah club olahraga namun jangan dibiarkan orang2 kuat itu duduk di manajeman olahraga,,mungkin club2 sepakbola bisa mencontoh club2 basket yang mandiri atau club2 bulutangkis seperti PB Djarum yang sudah tertata rapi

    BalasHapus
  6. Ass, pak Joko boleh saya minta alamat email anda, karena mungkin ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan terkait dengan perkembangan sepakbola kita, yang saat ini sedang saya ulas dalam sebuah paper

    BalasHapus
  7. walaikumsalam pak adam,,ini email saya jojo.oyopungnomo@yahoo.co.id

    BalasHapus
  8. PROMO NEW MEMBER 20%

    Peserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa pelayanan kepada pembukaan akun permainan judi atau taruhan online pada kamu di perutusan judi online yang bertingkat International, resmi dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Juga Sebagai Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man untuk beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-permainan-kartu-capsa-susun-dilive-casino/
    https://agenzeus.net/tips-dan-trik-cara-bermain-permainan-gong-ball-live/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-sicbo-atau-dadu-di-oriental-game/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

    BalasHapus
  9. Promo Bonus Freechip Ramadhan Situs Online AGEN ZEUSBOLA!

    AGEN ZEUSBOLA MENYEDIAKAN BONUS UNTUK ANDA PARA GAMBLING SEJATI!!!

    CEK SEKARANG JUGA DI ZEUSBOLA UNTUK MENDAPATKAN BONUSNYAAAAA!!!!!!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Link Alternatif : WWW(.)BOLAZEUS(.)COM
    LINE : zeusbola
    Whatsap : 0813-3355-2228
    BBM : BOLAZEUS

    BalasHapus
  10. Bandar Sabung Ayam Online Terpercaya 2019

    Agen Judi Terpercaya Yang Bisa Melakukan Top Up Melalui Via All Bank Lokal Indonesia !!!

    Support Transaksi Bandar Judi Deposit Via OVO, Bandar Judi DEPOSIT VIA PULSA, Bandar Judi Deposit Via Gopay !!

    Zeusbola Selalu Memberikan Fasilitas Mewah & Mantap Untuk Para Penggemar Taruhan Online.

    Hanya Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Bandar Judi Online Deposit Via OVO


    Bandar Judi Online Deposit Via Pulsa


    Bandar Judi Online Deposit Via Go Pay


    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/

    BalasHapus
  11. BONUS NEW MEMBER 20%

    CemePoker yakni cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg sediakan bermacam macam tidak sedikit game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg agen judi poker dengan rating win tertinggi.
    http://104.248.153.37/ menjamin 100% keamanan separuh membernya juga pemain Poker saya dijamin 100% Player VS Player.
    jangan lengah nantikan balasan mengunggut tiap-tiap bulannya dan pemberian referal seumur pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo daftar hari ini di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    BalasHapus
  12. PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan Poker Online Uang Asli Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Poker Deposit Pulsa 2019 | IDN Poker Deposit Pulsa | Deposit Via Pulsa | QQ Deposit Pulsa

    Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
    Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    Situs Judi Poker Online Pulsa

    Hubungi Kami
    http://165.22.51.220
    Livechat : PokerAyam
    WA : 081222221680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  13. Bayar Pakai Dengan Pulsa AXIS XL TELKOMSEL

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Capsa Susun, Bandar Poker,QQ Online, Adu Q, dan Bandar Q

    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online,
    Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino

    Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO GOPAY

    Whatsapp : 0812-222-2996

    POKERVITA

    BalasHapus
  14. CemePoker - Bandar QiuQiu Online Deposit Pulsa
    Dengan Rate Tukar Pulsa Tertinggi
    Bisa Deposit via OVO Juga
    Dapatkan Bonus New Member Langsung
    Pendaftaran : http://cemepoker.info

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    DEPOSIT POKER ONLINE VIA OVO PAY

    BalasHapus
  15. Cari Agen Sbobet Terpercaya & teraman???

    Klik ====> Agen sbobet

    Belum punya Akun SBO??
    Klik >>>>>>> Daftar SBO

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    - Live Casino
    - Poker
    - Slot Online
    - Lottery/Togel

    Hubungi kami Sekarang Juga :
    WA: +6287785425244

    BalasHapus
  16. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  17. Bosan Kalah Melulu ?? Gabung Sekarang Di ZEUSBOLA

    ZEUSBOLA MENYEDIAKAN PERMAINAN TERLENGKAP

    SPORTBOOK | LIVE CASINO | SABUNG AYAM | SLOTS GAMES | TEMBAK IKAN | POKER ONLINE

    Dapatkan Fasilitas Dengan Berbagai Jenis Transaksi Terlengkap Di Zeusbola.cc Seperti :

    Judi Poker Online Deposit All Bank Lokal Indonesia
    Judi Poker Online Deposit Via Pulsa
    Judi Poker Online Deposit Via OVO
    Judi Poker Online Deposit Via GOPAY
    Judi Poker Online Deposit Via LINKAJA
    Judi Poker Online Deposit Via Tcash
    Judi Poker Online Deposit Via DANA
    Judi Poker Online Deposit Pulsa
    IDNPoker Online Deposit Pulsa


    Untuk Deposit Juga Bisa Melalui Indomaret, Alfamart, Mkios Ataupun Lainnya ya pak ^^

    Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.cc/.

    Daftar Judi Kartu Idn Poker Online Terpercaya Di Indonesia
    Link Alternatif Daftar Poker :
    Ihttp://bit.ly/DaftarZeusbola

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/LivechatZeusbola
    Whatsapp : http://wa.me/081333555996
    Telegram : http://t.me/081333555996


    #JudiPokerOnlineDepositViaPulsa #JudiPokerOnlineDepositViaOvo #JudiPokerOnlineDepositViaGopay #JudiPokerOnlineDepositViaLinkaja #situsjudionline #judidepositpulsa #judipulsa #situsjudipulsa #Judipakaipulsa
    #JudiPokerOnlineDepositViaTcash #JudiPokerOnlineDepositViaDana

    BalasHapus
  18. POKERVITA
    JUDI ONLINE TEXAS POKER
    Juga Taruhan Kartu Tradisional Sakong Online
    Bayar Pakai GoPay
    ========================================================================================================
    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain
    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Kami Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO&GOPAY Deposit dan Penarikan Dana. Untuk permasalahan apapun Anda selalu dapat menghubungi Tim Support kami, Kami online 24 jam/7 hari untuk menjawab pertanyaan Anda dan menangani masalah apapun.
    Whatsapp : 0812-222-2996

    BalasHapus
  19. BISA DEPOSIT PAKAI PULSA

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan agen agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

    Sebagai Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man bagi beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    https://zeus365.net

    Ayo join sekarang di dewazeus.site

    BalasHapus
  20. Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  21. ZeusBola - Situs Judi Online Terpercaya
    Tersedia Semua Game Disini
    Menerima Deposit via Pulsa
    Dan Bisa Daftar Dengan Akun E-money
    Pendaftaran : http://zeusbola.pro

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Agen Judi Online Depo Pulsa Tanpa Potongan

    BalasHapus
  22. Kami hadir untuk kalian semua yang ingin bermain game online 1 USER ID bisa bermain di banyak game yang kami sediakan dan juga sangat mudah di akses, dan tidak perlu untuk memindahkan coin jika mau bermain di game lainnya

    WA : 081377055002

    BalasHapus
  23. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    �� www,MBO128,club ��
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    BalasHapus
  24. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    BalasHapus
  25. SITUS CLUB388 SLOT, CASINO & SABUNG AYAM 2021 TERPERCAYA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

    Link Club388 Slot Pulsa Tanpa Potongan ini memiliki promo bonus slot pulsa dengan mudah melakukan topup pulsa sudah bisa dapat bermain berbagai permainan Slot, Sabung ayam, Casino, Poker dan banyak permainan lain nya untuk di mainkan nihh ..

    Bergabung Game Slot Pulsa Terpercaya dengan depo pulsa tanpa potongan maka bergabung yuk sama kita di link yang ada di bagian bawah ya guys
    minimal deposit pulsa 10rb sudah dapat bermain club388 slot pulsa,
    Bisa menggunakan deposit menggunakan e-money seperti : OVO/DANA/Gopay dan LinkAja
    menyediakkan Deposit Pulsa XL, AXIS, TELKOMSEL Tanpa potongan.
    Minimal Dp 10Ribu
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di Club388Cash Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    DAFTAR BONUS CLAIM SLOT/SEXY BACCARAT/SABUNG AYAM
    - Bonus New Member 10%
    - Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    CLAIM LINK CLUB388 SLOT PULSA TANPA POTONGAN

    Minimal DEPOSIT Rp.10.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Link Slot Gacor : Tips Slot Gampang Menang

    Link Sexy Gaming : Tips Sexy Baccarat Mudah Menang

    Link Sabung Ayam : Link Alternatif Sabung Ayam

    Kontak yang aktif dengan pelayanan yang ramah dan cepat respown :
    WhatsApp : 081910053031

    BalasHapus
  26. Jadwal Sabung Ayam Online Filipina Hari Rabu Tanggal 27 Juni 2021
    Kunjungi Segera Situsnya Hanya Di :
    Jadwal Adu Ayam

    Link Jadwal Silahkan Klik Situs Ini » Jadwal Ayam Terupdate

    BalasHapus
  27. “PROMO MERDEKA ! BONUS SPESIAL DEPOSIT E-MONEY”

    Ikuti event special dari BOLAVITA dalam rangka 17 Agustus 2021 untuk permainan VIVO SLOT & JOKER SLOT dengan E-MONEY.

    Bonus Special ini khusus untuk Anda yang sering deposit menggunakan E-MONEY seperti OVO, LINKAJA, DANA, JENIUS ataupun GOPAY.

    Tentunya untuk Anda semua bakalan dapat bonus ini ya, dengan syarat dan ketentuan berlaku :
    ♥ BONUS 10% untuk member setia BOLAVITA yang melakukan deposit melalui E-MONEY (OVO, DANA, GOPAY, LINKAJA)
    ♥ BONUS 20% untuk MEMBER BARU dengan deposit pertama kali dengan E-MONEY.
    ♥ Hanya berlaku untuk semua permainan VIVO SLOT dan JOKER SLOT di BOLAVITA
    ♥ Minimal deposit hanya Rp 50.000,-

    Untuk info lanjut, yukkk tanya2 ke customer service BOLAVITA yaa..

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc
    ✔ TWITTER : @BVgaming_net
    ✔ LINE : @CS_bolavita

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    CUSTOMER SERVICE 24 JAM NON STOP , semua permainan pure FAIRPLAY !!

    #bolavita #bvgaming #jokerslot #vivoslot #e-money #kemerdekaan #merdeka #Bonus76 #promobonus76 #deposit #bonusdeposit #17Agustus2021 #ovo #dana #Linkaja #jenius #gopay #event #promobonusmenarik #situsbolavita #bandarbolavita


    BalasHapus
  28. MAU DAPAT BIG HADIAH DARI ZEUSBOLA?
    GAMPANG!

    HANYA DENGAN DAFTAR & MAINKAN LIVE CASINO MANIA DENGAN HADIAH TOTAL 480 JT BOSQUUU

    TERSEDIA DEPOSIT PULSA DAN DEPOSIT REKENING
    DAN ADA NONUS CASHBACK LAINNYA LOHHHHH……

    INFO LEBIH LANJUT SEGERA HUBUNGI KAMI DI

    WHATSAPP : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)

    #FASTREPON #CSONLINE24JAM #SITUJUDIONLINETERBAIK #NEWMEMBER #IDNLIVE #SPORTS #ZEUSTOTO


    BalasHapus
  29. ZeusBola - Agen IDN Daftar Dengan BTPN Jenius
    Bisa Deposit Dari Emoney dan Pulsa Tanpa Potongan
    OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS
    Dapatkan Bonus New Member 15%
    Pendaftaran : http://zeusbola20.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  30. Di Zeus Bola Hanya dengan 1 UserID, Anda sudah bisa bermain berbagai macam jenis permainan Poker kami yaitu :
    - POKER
    - CEME KELILING
    - DOMINO
    - CEME
    - CAPSA SUSUN
    - SUPER 10
    - OMAHA
    DAN MASIH BANYAK LAGI LOHH

    PROMOSI TERBARU ZEUSBOLA ADALAH BONUS CASH BACK DAN NEW MEMBER PLUS EXTRA TURNOVER LOHH

    Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !!


    BalasHapus