Jumat, 18 Mei 2012

INDUSTRI OLAHRAGA REKREASI SEBUAH POTENSI YANG LUAR BIASA DIMILIKI INDONESIA

Olahraga dan pariwisata merupakan satu kesatuan, Dalam olahraga kita mengenal istilah Olahraga Rekreasi . Olahraga Rekreasi diarahkan untuk memasalkan olahraga sebagai upaya mengembangkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kesehatan, kebugaran, kegembiraan dan hubungan social. Dalam Grand Design Pembangunan Olahraga Nasional Tahun 2010 – 2024 bidang olahraga rekreasi sangat jelas bahwa olahraga rekreasi memiliki kaitan erat dengan industri olahraga baik dalam misi, tujuan dan sasaran. Salah satu misi yang terkait adalah “ Menumbuh kembangkan sanggar – sanggar dan mengaktifkan perkumpulan olahraga masyarakat serta menyelenggarakan event festival olahraga rekreasi yang berjenjang dan berkelanjutan pada tingkat daerah, nasioanal dan internasional “. Dalam Grand Design Pembangunan Olahraga Nasional Tahun 2010 – 2014 bidang Olahraga Rekreasi, Tujuan Olahraga Rekreasi tiga diantaranya sangat erat kaitanya dengan industry olahraga ;

1.Meningkatkan sarana dan prasarana untuk mendukung pembinaan olahraga rekreasi.
2.Meningkatkan pola kemitraan dan industry olahraga rekreasi.
3.Mengembangkan sistem penghargaan dan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

Sementara dalam sasaran point ke-3 dalam Grand Design Pembangunan Olahraga Nasional Tahun 2010 – 2014 bidang Olahraga Rekreasi sangat jelas kaitanya dengan industry olahraga yaitu ‘ Meningkatkan pola kemitraan dan industry olahraga rekreasi, mengembangkan sistem penghargaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatnya kesehatan dan kebugaran jasmani, membudayakan olahraga. Dengan melihat itu semua sebenarnya sangat tergambar dengan jelas bahwa dalam olahraga rekreasi akan selalu berdampingan dengan industry olahraga. Event olahraga rekreasi merupakan salah satu bagian dari ruang lingkup industry olahraga. Indonesia dengan memiliki sumber daya alam yang sungguh tiada duanya merupakan potensi yang sangat baik untuk menjadi tuan rumah even – event internasional olahraga rekreasi.

Industri Olahraga Rekreasi memang belum maksimal digarap oleh Indonesia, hal ini dikarenakan beberapa faktor, diantaranya :
1.Lemahnya koordinasi dalam semua lini, baik dalam penanganan industry olahraga dan pembinaan olahraga baik tingkat pusat maupun daerah.
2.Sumber Daya Manusia pelaku olahraga rekreasi masih belum professional, karena pemahaman dan implementasi UU No 3 Tahun 2005 tentang SKN beserta PP nya belum optimal. Hal lain yang berhubungan dengan SDM adalah kualitas dan kuantitas tenaga keolahragaan belum memadai dan penyebarannya yang tidak merata.
3.Budaya olahraga di masyarakat masih lemah.
4.Gaya Hidup perkotaan yang mengurangi kecukupan gerak.
5.Belum adanya kebijakan tata ruang yang mengakomodasi prasarana dan sarana olahraga.
6.Kurangnya pendidikan dan pengetahuan tentang keolahragaan di masyarakat menyebabkan pemahaman masyarakat yang masih cenderung menganggap bahwa olahraga adalah perolehan medali, bukan kebugaran jasmani.
7.Hubungan dan kemitraan antar lembaga belum terjalin secara optimal
8.Belum adanya sinergi program dengan dan antar lembaga terkait.

Kedelapan faktor penghambat berkembangnya industry olahraga rekreasi memang harus segera dicarikan solusi permasalhannya, Pemerintah sebenarnya telah mengelurkan strategi dalam ruang lingkup olahraga rekreasi yang tercantum dalam RPJP Keolahragaan Nasional 2010 – 2025 diantaranya :

1.Peningkatan SDM Olahraga Rekreasi dengan cara pembinaan, pengembangan dan peningkatan ketrampilan melalui pelatihan, Jaminan keselamatan bagi SDM Olahraga Rekreasi, dan Peningkatan karir, pelayanan kesejahteraan, bantuan hukum dan penghargaan.
2.Penguatan sistem dan Kelembagaan Olahraga Rekreasi dengan pengembangan IPTEK secara berkelanjutan. Adanya pembagian tanggung jawab antara pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat atas perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan dan pengawasan prasarana olahraga kreasi. Adanya kewajiban bagi Badan Usaha yang bergerak dibidang pembangunan, perumahan dan pemukiman dalam menyediakan prasarana olahraga rekreasi sebagai fasitas umum dengan standard kebutuhan yang ditetapkan oleh pemerintah. Setiap orang dan Badan Usaha wajib memperhatikan standar teknis sarana olahraga rekreasi dari cabang olahraga yang bersangkutan.

Memang kedua solusi itu sangat membantu dalam mengembangkan industry olahraga rekreasi dalam tataran mengubah persepsi masyarakat tentang olahraga rekreasi itu sendiri karena keduanya dalam tahap sebagai sarana edukasi ke masyarakat dalam olahraga rekreasi. Belum terjawab permasalahan bagaimana agar tujuan “ meningkatkan pola kemitraan dan industry olahraga rekreasi “, sekali lagi kemasan dari industry olahraga rekreasi itu sendiri harus mampu menarik konsumen untuk memanfaatkan semua fasilitas industry olahraga rekreasi di Indonesia. Ada beberapa dua faktor utama yang menjadikan Indonesia sangat menarik dalam mengembangkan industry olahraga rekreasi, diataranya ;

1.Jumlah penduduk Indonesia yang besar.
Indonesia yang memiliki penduduk 230 juta lebih merupakan pasar potensial yang besar, hal ini ditambah dengan kawasan Indonesia yang strategis menyebabkan banyaknya orang asing yang dapat dijadikan target market dalam industry olahraga rekreasi di Indonesia.
2.Kekayaan Alam dan sumber daya alam Indonesia merupakan modal yang sangat berharga dalam mengembangkan industry olahraga rekreasi.
Laut, Pantai, Gunung, Hutan dan Kekayaan alam lainnya yang ada di Indonesia merupakan potensi yang merupakan diferensiasi dari Negara lain yang ada di dunia. Hot Spot untuk menyelam atau untuk wisata gunung sangat banyak di Indonesia.

Kedua faktor utama ini merupakan modal besar dalam pengelolaan industry olahraga rekreasi di Indonesia, namun dari faktor penghambat, solusi yang diberikan pemerintah hingga faktor pendukung belum menjawab bagaimana seharusnya Pemerintah Indonesia memiliki strategi untuk menjadikan potensi industry olahraga rekreasi secara optimal. Oleh karenanya ada beberapa startegi yang dapat dilakukan diantaranya :

1.Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah mulai mengidentifikasi dan mendata potensi yang dimiliki Indonesia dalam pengembangan industry olahraga di Indonesia.

2.Mengidentifikasi pelanggan industry olahraga rekreasi, Pelanggan itu terdiri dari : a. Penduduk dan masyarakat daerah/ Indonesia. b.Trader, Tourist, Investor baik dari dalam maupun luar. c.Talent (SDM Berkualitas) , Developer (Pengembang), Organizer (Event Organizer)

3.Pemerintah Daerah harus mampu memasarkan potensi yang dimilikinya, memasarkan daerah berarti medesain suatu daerah agar mampu memenuhi dan memuasakan keinginan dan ekspetasi pelanggan. Ada Tiga Langkah yang dikemukan oleh Michael Porter dalam menarik pelanggan atau sumber daya terbaik ;

a.Be a Good Host
Langkah pertama ini memiliki peran dalam upaya menarik dan mengakusisi pelanggan. Untuk menjadi tuan rumah yang baik harus ada kolaborasi kohesif antara masyarakat, entrepreneurs, dan pemerintah. Mereka bertiga harus sama – sama saling mengedukasi agar mereka menjadi knowledgable dan terus menyamakan persepsi dan gerak mengenai perlunya menarik pelanggan.

b.Treat Your Guest Properly
Langkah kedua ini memiliki fungsi untuk memuaskan pelanggan. Indonesia atau daerah harus mampu mengidentifikasi keinginan dan ekspetasi pelanggannya. Ada tiga hal yang harus diperhatikan dan mau tidak mau harus dilaksanakan :
1.Liveability
Liveability Indonesia/daerah dapat ditingkatkan dengan menjamin kompetitifnya biaya hidup, memperbaiki fasilitas umum dan layanan public, menekan tingkat kriminalitas dan menciptakan lingkungan yang nyaman.
2.Investability
Investabilityditingkatkan dengan cara menyediakan tenaga kerja terampil yang memadai, tersu memperbaiki infrastrktur dan fasilitas produksi, menjamin tetap menariknya peluang investasi, akses bagi pelanggan, sistem birokrasi dan regulasi yang kondusif.
3.Visitability
Visitability diperbaiki dengan menyediakan fasilitas transportasi akomodasi yang kompetitif, terus meng-upgrade dan merevitalisasi tujuan – tujuan yang dijadikan industry olahraga rekreasi dan tempat wisata, membangun kemudahan serta menciptakan suasana aman dan nyaman.

c.Building a Home Sweet Home
Building a Home Sweet Home adalah upaya mempertahankan pelanggan. Untuk membangun rumah yang nyaman bagi pelanggan maka Indonesia/daerah harus mampu menyediakan wahana yang memadai bagi aktivitas mereka.

4.Melakukan survey pelanggan, berdasarkan survey ini dapat digunakan dalam merancang program customer satisfaction dan memantau kinerja dalam memenuhi ekspetasi pelanggan.

5.Indonesia/daerah harus mulai menggeser pendekatannya dalam hal pengelolaan dan pengembangan industry olahraga rekreasi dari pendekatan birokratis ke pendekatan strategic entrepreneurial. Bedanya adalah bahwa dengan pendekatan strategic entrepreneurial bersifat pragmatis karena berorientasi hasil dan peka terhadap peluang, selalu focus pada kebutuhan dan ekspetasi konstituennya, dan yang tidak kalah penting adalah pendekatan ini responsive terhadap perubahan yang terjadi dalam lingkungan makro. Berbeda dengan Birokrasi yang selalu berorintasi pada prosedur dan atruan baku birokrasi yang justru menyebabkan Indonesia/daerah kehilangana kepekaan terhadap kebutuhan konstituennya. pendekatan strategic entrepreneurial dituntut memenuhi tiga elemen yaitu ;

a.Penetapan VISI, MISI dan Tujuan jangka panjang Industri Olahraga Rekreasi di Indonesia dan daerah.
b.Upaya membangun budaya entrepreneurial ke segenap SDM Industri olahraga Rekreasi.
c.Perumusan Startegi Daerah yang solid.

Industri olahraga rekreasi di Indonesia belum digarap secara maksimal, padahall bila ini digarap secara maksimal dengan memiliki visi yang sama baik pemerintah pusat dan daerah saya yakin penghasilan devisa negeri ini akan besar. Indonesia dianugerahi oleh Tuhan sebuah Alam yang sangat indah dengan segala potensinnya, termasuk didalamnya potensi industry olahraga rekreasi. Anugerah itu sudah saatnya kita berdayagunakan untuk kemakmuraan rakyat negeri ini melalui Industri Olahraga Rekreasi. Tulisan ini dibuat dalam rangka perhelatan olahraga internasional Interhash 2012 yang akan diselenggarakan di Magelang dan Yogyakarta pada 25 s.d 27 Mei 2012. 4.660 peserta dari 50 negara dijadwalkan akan ikut serta dalam event olahraga lintas alam non kompetisi antar Negara kalau orang Indonesia bilang “ Grak Jalan Santai “ . Kesempatan menjadi tuan rumah yang ke-3 kalinya ini sangatlah pantas dijadikan sebuah moment kebangkitan Industri Olahraga Rekreasi dan tentu sebagai sarana untuk mempromosikan Indonesia ke khalayak umum di dunia. Ketika pemilihan tuan rumah ini dilakukan pada tahun 2010 di Kuching Malaysia, ada seorang wartawan luar negeri yang mengatakan “ Lebih Luas Mana lapangan Bulutangkis atau Candi Boribudur ?? “ bukan hanya itu saja ternyata banyak yang tidak tahu tentang Indonesia. Jadi sudah pantaslah Industri olahraga Rekreasi dijadikan salah satu cara untuk mempromosikan Indonesia.

Penulis : Joko Purnomo, SAB


6 komentar:

  1. Numpang Iklan yah Gan......
    1 Account Dengan 6 Games ALL IN 1 ONE GAMES WWW.988POKER.CO Adalah Media Permainan Daftar Poker Gratis,Terbaik dan Terpercaya Sangat Mudah diakses dan bisa dimainkan di Gadget/Smartphone serta Handphone & Tablet berbasis Android,Blackberry dan iOS ataupun Computer.Anda master Texas Poker??? Buktikan di 988Poker.co dan Menangkan Jackpotnya!Ajak Temanmu Main dan Dapatkan Bonus Referal Jutaan Rupiah Nikmati Bonus Promo Lain nya Hanya di WWW.988POKER.CO
    Poker Texas>>Live Poker>>Domino QQ>>Bandar Ceme>>BlackJack>>Capsa Susun Online
    =======>WWW.988POKER.CO
    =======>DAFTAR SEKARANG JUGA
    =======>Agen Judi Online
    =======>Poker Texas
    =======>Domino QQ
    =======>Bandar Ceme
    =======>BlackJack
    =======>Capsa Susun
    >>>>>>>>Berita Nasional
    >>>>>>>>Berita Politik
    >>>>>>>>Berita Megapolitan
    >>>>>>>>Berita Terupdate
    >>>>>>>>Berita Jakarta
    AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA
    988POKER mengutamakan Fairplay dan Kenyamanan Pemainnya, Member bisa menjadi Bandar digame ini bermain bersama teman anda
    atau pun bermain bersama member lainnya,988Poker 100% Player vs Player Tanpa Bot dan tanpa campur tangan admin dan terjamin kerahasiaan data member anda
    988POKER selalu memberikan Pelayanan Tercepat dan kami sangat menghargai bila ada kritikan ataupun masukan dari anda player setia kami
    CUSTOMER SERVICE 24 JAM ONLINE
    Pelayanan Customer Service Online 24 JAM setia menemani anda bermain didukung dengan Costumer Service / Operator yang berpengalaman
    dan kemudahan bertransaksi dengan 4 Bank Lokal Indonesia dan menjamin keamanan serta kenyamanan anda selama bermain di 988poker.co
    Menangkan Hadiah - Hadiahnya Tiap Minggu !!!
    Info Lebih lanjut bisa menghubungi kami melalui :
    Fanpage Facebook : 988POKER
    SMS : 0812-91-8888-08
    WhatsApp : 0812-91-8888-08
    BBM : D62477FB
    LINE : 988bet
    Instagram : 988poker

    BalasHapus
  2. Daftar Sabung Ayam Taji Depost Pulsa Bersama CLUB388CASH

    Situs Slot Pulsa Tanpa Potongan Bersama CLUB388CAH

    CLUB388CASH ADALAH SISTUS AGEN BANDAR TARUHAN ONLINE TEPECAYA YANG MEMILIKI BANYAK PERMAINAN HANYA MENGGUNAKAN 1 AKUN ATAU 1 USER ID SAJA SEMUA DAPAT DI MAINKAN SEMUA DI PERMAINAN CLUB388CASH. TENTUNYA EVENT BONUS PROMO SETIAP BULAN NYA YANG MANTAPPP ^^

    BalasHapus
  3. GAMES SLOT TERPECAYA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    Daftar Situs Slot Games Deposit Pulsa Murah

    Poker DominoQQ Deposit Pulsa
    Poker Bonus New Member
    Poker Deposit Pulsa Tanpa Potongan

    CLUB388CASH ADALAH SISTUS AGEN BANDAR TARUHAN ONLINE TEPECAYA YANG MEMILIKI BANYAK PERMAINAN HANYA MENGGUNAKAN 1 AKUN ATAU 1 USER ID SAJA SEMUA DAPAT DI MAINKAN SEMUA DI PERMAINAN CLUB388CASH. TENTUNYA EVENT BONUS PROMO SETIAP BULAN NYA YANG MANTAPPP ^^

    CS 24jam Online
    JANGAN SAMPAI KEHABISAN FREECHIPSNYA !!

    BalasHapus
  4. “PROMO MERDEKA ! BONUS SPESIAL DEPOSIT E-MONEY”

    Ikuti event special dari BOLAVITA dalam rangka 17 Agustus 2021 untuk permainan VIVO SLOT & JOKER SLOT dengan E-MONEY.

    Bonus Special ini khusus untuk Anda yang sering deposit menggunakan E-MONEY seperti OVO, LINKAJA, DANA, JENIUS ataupun GOPAY.

    Tentunya untuk Anda semua bakalan dapat bonus ini ya, dengan syarat dan ketentuan berlaku :
    ♥ BONUS 10% untuk member setia BOLAVITA yang melakukan deposit melalui E-MONEY (OVO, DANA, GOPAY, LINKAJA)
    ♥ BONUS 20% untuk MEMBER BARU dengan deposit pertama kali dengan E-MONEY.
    ♥ Hanya berlaku untuk semua permainan VIVO SLOT dan JOKER SLOT di BOLAVITA
    ♥ Minimal deposit hanya Rp 50.000,-

    Untuk info lanjut, yukkk tanya2 ke customer service BOLAVITA yaa..

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc
    ✔ TWITTER : @BVgaming_net
    ✔ LINE : @CS_bolavita

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    CUSTOMER SERVICE 24 JAM NON STOP , semua permainan pure FAIRPLAY !!

    #bolavita #bvgaming #jokerslot #vivoslot #e-money #kemerdekaan #merdeka #Bonus76 #promobonus76 #deposit #bonusdeposit #17Agustus2021 #ovo #dana #Linkaja #jenius #gopay #event #promobonusmenarik #situsbolavita #bandarbolavita


    BalasHapus
  5. MAU DAPAT BIG HADIAH DARI ZEUSBOLA?
    GAMPANG!

    HANYA DENGAN DAFTAR & MAINKAN LIVE CASINO MANIA DENGAN HADIAH TOTAL 480 JT BOSQUUU

    TERSEDIA DEPOSIT PULSA DAN DEPOSIT REKENING
    DAN ADA NONUS CASHBACK LAINNYA LOHHHHH……

    INFO LEBIH LANJUT SEGERA HUBUNGI KAMI DI

    WHATSAPP : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)

    #FASTREPON #CSONLINE24JAM #SITUJUDIONLINETERBAIK #NEWMEMBER #IDNLIVE #SPORTS #ZEUSTOTO


    BalasHapus