Jumat, 03 Desember 2010

BERBICARA INDUSTRI OLAHRAGA DI INDONESIA


Perkembangan industri olahraga di Indonesia masih tertinggal dengan negara – negara lain. Masih banyak di negeri ini orang yang awam dengan “ industri olahraga “, banyak dari mereka yang masih berfikiran bahwa industri olahraga itu sebatas pembuataN/memproduksi alat-alat olahraga. Bahkan pikiran awam ini banyak juga dikalangan orang – orang yang bergelut dengan dunia olahraga. Memang mereka tidak salah mengenai pembuatan alat – alat olahraga seperti bola, raket, kok, sepatu, sepeda dan lainnya merupakan bagian dari industri olahraga, namun yang perlu diketahui adalah pembuatan alat tersebut hanyalah sebagian kecil dari industri olahraga. Inilah yang salah satu hal yang membuat Industri Olahraga di Indonesia jalan ditempat. Faktor lain yang menyebabkan industri olahraga Indonesia jalan ditempat adalah peran pemerintah, dalam hal ini Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga serta KONI yang masih sangat kurang berperan dalam memasyarakatkan industri olahraga di tengah masyarakat Indonesia. Selain itu pemerintah pun masih berfokus pada industri olahraga yang menciptaKan alat – alat olahraga saja, mereka kurang menyentuh aspek lain dalam industri olahraga. Memang pemerintah berupaya memajukan industri olahraga di Indonesia pada tahun ini, seperti peluncuran batik bermotif olahraga  ataupun acara Festival Bahari yang dilakukan di Anyer. Namun aspek lain industri olahraga di Indonesia masih sangat jauh dari harapan. Pemerintah masih kurang atau bahkan sama sekali tidak menggarap sarana dan prasarana olahraga dan pemerintah pun jarang dalam hal Jasa penjualan kegiatan cabang olahraga sebagai produk utama yang dikemas secara professional.

Saya mendefinisikan sebuah industri olahraga sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan dengan cara memproses atau mengolah barang dan jasa secara terus menerus dalam ruang lingkup kegiatan keolahragaan seperti pengelolaan sarana dan prasarana olahraga yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan baik itu bagi industri itu sendiri, masyarakat serta stakeholder olahraga. Dari pengertian tersebut sangat jelas bahwa tujuan industri olahraga itu adalah memperoleh keuntungan bagi industri, masyarakat dan stakeholder olahraga. Di satu sisi dalam Undang – Undang Sistem Keolahragan Nasional Republik Indonesia No 3 Tahun 2005 Pasal 78 sangat jelas bahwa industri olahraga itu wajib memperhatikan tujuan keolahragaan nasional dan prinsip penyelanggaraan keolahragaan.Sementara dalam pasal 80 sangat terlihat jelas tujuan industri olahraga yaitu menuju kemandirian dan ke-profesionalan olahraga di Indonesia. Dari definisi dan tujuan Industri Olahraga sangat jelas bahwa Industri Olahraga bukanlah mengkomersilkan olahraga untuk keuntungan (uang) yang sebesar-besarnya. Masih banyak pandangan masyarakat mengenai industri olahraga sebagai ajang untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya inilah yang juga membuat industri olahraga sulit berkembang. Memang Industri Olahraga adalah Bisnis di bidang olahraga, namun banyak orang yang salah menafsirkan kata “ BISNIS “, masyarakat cenderung melihat bahwa bisnis adalah mesin untuk mencari keuntungan bagi pihak tertentu saja. Dalam dunia bisnis terdapat 6 aspek yang harus diperhatikan yaitu ; administratif, dagang, komersil, teknologi, ekonomis dan sosial. Dari ke-enam aspek ini sangatlah terlihat jelas bahwa bisnis bukan hanya sekedar dagang dan komersil saja, sehingga tidak dibenarkan bila transaksi bisnis merugikan ke-enam aspek tadi. Hal ini serupa dengan apa yang dikatakan oleh Elmore peterson yang mengatakan bahwa efek dari bisnis adalah semua pihak yang telibat di dalamnya sama-sama memperoleh keuntungan. Jika salah satu pihak secara sengaja memperoleh keuntungan dengan merugikan pihak lain maka tidak terjadilah suatu transaksi bisnis dalam arti yang sebenarnya tetapi telah terjadi penipuan. Bisnis bukanlah semata-mata mencari keuntungan dengan “The end justifies the means” tujuan menghalalkan cara, tetapi dengan cara-cara yang etis di atas kerangka berpikir “Business administration thinking” yang merupakan tata nilai dalam bisnis.Sehingga apabila pemahaman masyarakat tentang industri olahraga seperti diatas maka saya percaya bahwa industri olahraga di Indonesia dapat berkembang, minimal industri olahraga bisa menjadi tuan di rumahnya sendiri.

Pemahaman Industri olahraga yang sempit di masyarakat seperti yang telah dijabarkan dalam paragraf sebelumnya sebenarnys dapat diatasi dengan salah satu cara yaitu melalui peran media, baik elektronik maupun cetak. Namun sayang mayoritas media di Indonesia masih memandang sebuah industri olahraga sebagai tempat dagang dan kemersil. Ini dapat dilihat dari mayoritas media televisi ataupun cetak yang jarang sekali menampilkan atlet – atlet Indonesia berlaga dalam event atau pertandingan olahraga. Sebagai contoh nyata adalah ketika penyelenggaran multievent baik asian games, sea games ataupun olimpiade jarang media televisi yang membeli hak siar atau bahkan tidak menayangkan kegitan tersebut dengan alasan acara – acara tersebut tidak menjual atau mahalnya hak siar. Contoh lain adalah ketika salah satu stasiun televisi swasta yang dahulu pernah memiliki positioning “ Televisi Saluran Resmi Bulutangkis Indonesia “ ternyata hanya satu kali mereka memberkan suguhan bulutangkis kepada khalayak umum. Dari sini sangat jelas bahwa media pun masih berpikiran bahwa industri olahraga itu harus mendatangkan keuntungan bagi media tersebut tanpa memperhatikan keuntungan – keuntungan lainnya. Berbeda halnya ketika Media Televisi Bersusah Payah mendapatkan Hak Siar Ajang – Ajang olahraga yang mendatangkan keuntungan besar bagi media tersebut seperti Piala Dunia, Formula-1, Moto-GP. Memang tidak salah media menyajikan siaran tersebut, tapi alangkah bijaksanannya bila acara – acara olahraga itu dilengkapi dengan berbagai siaran olahraga yang menampilkan atlet Indonesia bersaing di arena internasional maupun nasional seperti dahulu, dimana banyak media televisi yang menampilkan pertandingan – pertandingan atlet Indonesia. Padahal dengan menampilkan atlet – atlet Indonesia berjuang di arena pertandingan internasional maupun nasional banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh bagi media itu sendiri, masyarakat Indonesia maupun bagi kemajuan olahraga dan prestasi olahraga Indonesia.

Hal lain yang menyebabkan negara ini tertinggal dalam bidang industri olahraga adalah masalah sumber daya manusia yang kompeten di bidang industri olahraga. Hal ini dapat terlihat dari masih banyaknya orang – orang yang bergerak di bidang industri olahraga “ latah “ dengan negara lain. Sebagai contoh ketika Ghuangzho memberikan sebuah kejutan dengan pembukaan dan penutupan yang sangat fenomenal pada Asian Games lalu dengan diadakanya di atas sungai, maka di Indonesia Pemerintah baik daerah maupun pusat langsung mengungkapan akan mengadakan acara pembukaan Sea Games di atas sungai Musi. Sebenarnya itu tidak salah, namun alangkah bijaknya negara yang dipenuhi oleh orang – orang kreatif ini men-desain sebuah acara pembukaan event olahraga yang berbeda. Kita memang harus belajar banyak dengan negara yang maju di bidang industri olahraga, namun belajar bukan berarti meniru, karena dalam konsep sebuah industri produk – produk itu harus memiliki diferensiasi dari yang lainnya.

Fator – faktor yang telah dijabarkan diatas terlihat semakin mengerucut ketika kita menyadari bahwa di Indonesia tidak ada pendidikan di perguruan tinggi yang khusus mempelajari industri olahraga. Mungkin banyak sebagian besar yang melihat bahwa hal ini merupakan hal yang sepele, namun dengan adanya pendidikan tinggi yang menyelenggarakan jurusan atau studi industri olahraga sangat membantu dalam hal perkembangan industri olahraga di Indonesia. Negara – negara lain telah memiliki pendidikan yang khusus mengajarkan industri olahraga dan terbukti telah membantu perkembangan industri olahraga di negara tersebut. Pada tahun 2009 memang ada keinginan dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Indinesia yang melakukan kerjasama dengan Universitas Indonesia yang bekerjasama dalam sport science, dimana dalam sport science tersebut salah satu kerjasama adalah dalam industri olahraga. Dalam Acara Seminar Internasional Mengenai industri olahraga yang diselenggarakn Kementeria Negara Pemuda dan Olahraga dengan Universitas Indonesia pada tahun 2009 terungkap bahwa akan ada rencana pembukaan program study mengenai sport industry yang berada di bawah Fakulats Ekonomi Universitas Indonesia, namun hingga saat ini belum terlihat realisasi tersebut. Dengan adanya program studi industri olahraga sebenarnya akan banyak membantu negeri ini. Karena program studi tersebut akan fokus pada industri olahraga seperti, marketing olahraga, keuangan olahraga, manajeman olahraga dan lainnya.

Tidak adanya pendidikan yang mengfokuskan diri pada industri olahraga di Indonesia mengakibatkan industri olahraga kita tertinggal dari berbagai sisi. Dari segi marketing, industri olahraga Indonesia tertinggal jauh dalam hal startegi – startegi pemasaran, Pemasaran selalu berubah seiring dengan perubahan perilaku konsumen, dan itu yang tidak terlihat dalam industri olahraga di Indonesia. Industri olahraga Indonesia cenderung meniru atau menggunakan teori – teori marketing yang berasal dari luar negeri tanpa melihat apakah startegi itu cocok dengan konsumen di Indonesia. Masalah pengeloloan manajeman klub atau PB yang berada dibawah KONI mengenai industri olahraga pun bisa di hitung dengan jari. Seandainya mereka dapat menerapkan industri olahraga di klub – klub olahraga maupun di PB maka berangsur – angsur mereka akan mandiri sendiri. Mungkin sebagai contoh klub yang berhasil dalam mengelola industri olahraga adalah PB Djarum. PB Djarum berhasil membuat klub ini menjadi mandiri, mereka merancang strategi bisnis yang baik, sehingga sekarang terlihat jelas bagaimana PB Djarum tidak ketergantungan Sekali dengan PT Djarum karena mereka sudah mampu mengajak perusahan – perusahan bergabung dengannya. Permasalahan pemasaran ini pula yang membuat industri – industri olahraga berskala kecil dan menengah di seluruh Indonesia kesulitan dalam memasarkan produk – produknya. Pengelolan cabang olahraga menjadi sebuah industri olahraga sebenarnya dapat dilakukan, apalagi tahun 2010 ini telah terjadi kesepakatan antara KEMENPORA dengan BUMN di Indonesia. BUMN – BUMN yang telah melakukan kesepakatan dengan menjadi ayah angkat cabang olahraga sebenarnya bisa lebih dari sekedar sebagai sponsorship bagi olahraga yang bersangkutan. BUMN dapat memberikan sebuah pelatihan – pelatihan kepada induk – induk olahraga ini dibidang marketing maupun pengelolaan keuangan dan tentu manajeman SDM dalam sebuah induk organisasi. Sehingga ketika suatu saat BUMN ini sudah tidak menjadi ayah angkat induk – indu organisasi ini mampu mandiri.

Walaupun industri olahraga di Indonesia masih hanya sekedar bagaimana menciptakan sebuah alat – alat olahraga, namun pada tahun ini banyak sekali event – event olaharga di Indonesia yang sudah mengarah kepada industri olahraga, Kita bisa melihat Indonesia Super Series tahun ini, dimana pihak penyelenggara yang bekerjasama dengan PT Djarum mampu menciptakan diferensiasi yang berebda dari super series lainnya. Konsep Indonesia Super Series tahun 2010 dimana para atlet bulutangkis yang berlaga dan para penonton/fans dapat melebur menjadi satu. Contoh lain adalah keberhasilan event – event olahraga seperti PROLIGA bola voli yang sudah memadukan antara olahraga dan seni membuat liga professional ini menarik. Dan yang sangat mengesankan adalah bagaimana repositioning IBL menjadi NBL yang mendapat antusias dari penggila basket di tanah air. Liga Basket Profesional ini mampu menarik minat pengunjung dan tentu lebih berkualitas, NBL mampu menyedot penonton rata – rata setiap hari sebesar 5000, Padahal sebelumnya sewaktu masih IBL rata – rata penonton hanya 200 orang/hari. Saya yakin bahwa dengan kemajuan industri olahraga ini akan tercipta prestasi – prestasi atlet di ajang Internasional. Sebagai contoh adalah keberhasilan bola voli dalam merebut emas Sea Games ataupun prestasi – prestasi yang dimiliki oleh atlet – atlet PB Djarum dalam ajang nasional ataupun internasional.

Dengan jumlah penduduk yang hampir mencapai 250 juta potensi industri olahraga di Indonesia cukuplah besar, sehingga sudah seharusnya stakeholder olah raga membangun konsep sport industry di Indonesia yang tidak hanya berfikir dagang dan komersil, namun harus mampu memberikan keuntungan bagi stakeholder olahraga tersebut dan tentu prestasi olahraga. Pihak pemerintah pun sudah saatnya berbenah diri kembali bersama – sama kalangan Universitas, masyarakat, media, perusahaan swasta untuk memperkenalkan kemasyarakat mengenai apa itu industri olahraga ?? apa itu bisnis olahraga ?? Pihak media, khususnya media televisi pun sudah seharusnya memiliki rasa nasionalisme dan mau meliput atau bahkan menyiarkan pertandingan – pertandingan Atlet Indonesia ketika berlaga baik dalam ajang Nasional maupun Internasional. Apabila masyrakat sudah memiliki persepsi yang sama mengenai industri olahraga saya yakin Industri Olahraga Indonesia akan berkembang dan dengan berkembanganya industri olahraga ini maka prestasi olahraga Indonesia pun akan terdongkrak dengan sendirinya. Tahun depan banyak event – event olahraga yang bertaraf internasional di Indonesia, semoga event – event tersebut dapat dijadikan sebuah pembelajaran untuk memajukan industri olahraga di Indonesia. Salam Olahraga!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Penulis : Joko Purnomo, SAB

6 komentar:

  1. Salam kenal Mas.. saya Wahyu (mahasiswa Sosisologi 2005) saat ini saya sdg mengerjakan Skripsi Tentang Industrialisasi Olahraga Hobi (Futsal).. Jika boleh saya ingin meminta alamat jejaring sosial mas.. (FB, twitter,YM) agar saya bs share skripsi saya dgn mas.. ini alamat email saya ( hyde_meazza@yahoo.co.id) seluruh jejaring sosial saya terdapat di email tersebut.. Terima kasih dan salam OLahraga

    BalasHapus
  2. menurut anda, apakah produk yang cocok untuk diproduksi dalam dunia olahrga di indonesia, sedangkan di dalam dunia olahraga sendiri semua perlengkapan sudah di kuasai aparel aparel ternama seperti nike, adidas, mizuno, puma dll.

    BalasHapus
  3. Numpang Iklan yah Gan......
    1 Account Dengan 6 Games ALL IN 1 ONE GAMES WWW.988POKER.CO Adalah Media Permainan Daftar Poker Gratis,Terbaik dan Terpercaya Sangat Mudah diakses dan bisa dimainkan di Gadget/Smartphone serta Handphone & Tablet berbasis Android,Blackberry dan iOS ataupun Computer.Anda master Texas Poker??? Buktikan di 988Poker.co dan Menangkan Jackpotnya!Ajak Temanmu Main dan Dapatkan Bonus Referal Jutaan Rupiah Nikmati Bonus Promo Lain nya Hanya di WWW.988POKER.CO
    Poker Texas>>Live Poker>>Domino QQ>>Bandar Ceme>>BlackJack>>Capsa Susun Online
    =======>WWW.988POKER.CO
    =======>DAFTAR SEKARANG JUGA
    =======>Agen Judi Online
    =======>Poker Texas
    =======>Domino QQ
    =======>Bandar Ceme
    =======>BlackJack
    =======>Capsa Susun
    >>>>>>>>Berita Nasional
    >>>>>>>>Berita Politik
    >>>>>>>>Berita Megapolitan
    >>>>>>>>Berita Terupdate
    >>>>>>>>Berita Jakarta
    AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA
    988POKER mengutamakan Fairplay dan Kenyamanan Pemainnya, Member bisa menjadi Bandar digame ini bermain bersama teman anda
    atau pun bermain bersama member lainnya,988Poker 100% Player vs Player Tanpa Bot dan tanpa campur tangan admin dan terjamin kerahasiaan data member anda
    988POKER selalu memberikan Pelayanan Tercepat dan kami sangat menghargai bila ada kritikan ataupun masukan dari anda player setia kami
    CUSTOMER SERVICE 24 JAM ONLINE
    Pelayanan Customer Service Online 24 JAM setia menemani anda bermain didukung dengan Costumer Service / Operator yang berpengalaman
    dan kemudahan bertransaksi dengan 4 Bank Lokal Indonesia dan menjamin keamanan serta kenyamanan anda selama bermain di 988poker.co
    Menangkan Hadiah - Hadiahnya Tiap Minggu !!!
    Info Lebih lanjut bisa menghubungi kami melalui :
    Fanpage Facebook : 988POKER
    SMS : 0812-91-8888-08
    WhatsApp : 0812-91-8888-08
    BBM : D62477FB
    LINE : 988bet
    Instagram : 988poker

    BalasHapus
  4. Bayar Pakai GoPay

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Capsa Susun, Bandar Poker,QQ Online, Adu Q, dan Bandar Q

    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online,
    Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino

    Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO GOPAY

    Whatsapp : 0812-222-2996

    POKERVITA

    BalasHapus
  5. “PROMO MERDEKA ! BONUS SPESIAL DEPOSIT E-MONEY”

    Ikuti event special dari BOLAVITA dalam rangka 17 Agustus 2021 untuk permainan VIVO SLOT & JOKER SLOT dengan E-MONEY.

    Bonus Special ini khusus untuk Anda yang sering deposit menggunakan E-MONEY seperti OVO, LINKAJA, DANA, JENIUS ataupun GOPAY.

    Tentunya untuk Anda semua bakalan dapat bonus ini ya, dengan syarat dan ketentuan berlaku :
    ♥ BONUS 10% untuk member setia BOLAVITA yang melakukan deposit melalui E-MONEY (OVO, DANA, GOPAY, LINKAJA)
    ♥ BONUS 20% untuk MEMBER BARU dengan deposit pertama kali dengan E-MONEY.
    ♥ Hanya berlaku untuk semua permainan VIVO SLOT dan JOKER SLOT di BOLAVITA
    ♥ Minimal deposit hanya Rp 50.000,-

    Untuk info lanjut, yukkk tanya2 ke customer service BOLAVITA yaa..

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc
    ✔ TWITTER : @BVgaming_net
    ✔ LINE : @CS_bolavita

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    CUSTOMER SERVICE 24 JAM NON STOP , semua permainan pure FAIRPLAY !!

    #bolavita #bvgaming #jokerslot #vivoslot #e-money #kemerdekaan #merdeka #Bonus76 #promobonus76 #deposit #bonusdeposit #17Agustus2021 #ovo #dana #Linkaja #jenius #gopay #event #promobonusmenarik #situsbolavita #bandarbolavita


    BalasHapus
  6. MAU DAPAT BIG HADIAH DARI ZEUSBOLA?
    GAMPANG!

    HANYA DENGAN DAFTAR & MAINKAN LIVE CASINO MANIA DENGAN HADIAH TOTAL 480 JT BOSQUUU

    TERSEDIA DEPOSIT PULSA DAN DEPOSIT REKENING
    DAN ADA NONUS CASHBACK LAINNYA LOHHHHH……

    INFO LEBIH LANJUT SEGERA HUBUNGI KAMI DI

    WHATSAPP : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)

    #FASTREPON #CSONLINE24JAM #SITUJUDIONLINETERBAIK #NEWMEMBER #IDNLIVE #SPORTS #ZEUSTOTO


    BalasHapus