Sebuah Pemikiran Tentang Industri Olahraga di Indonesia Khususnya di bidang Marketing
Sabtu, 05 Mei 2012
FENOMENA NBL DAN WNBL INDONESIA SEBAGAI LIGA OLAHRAGA PROFESSIONAL YANG BERKARAKTER
Dua tahun berturut penulis menempatkan NBL Indonesia di peringkat pertama dalam Industri Olahraga Event, hal ini sangat wajar bila melihat perkembangan liga professional bola basket baik di putra dan putri dalam dua tahun terakhir. Dari segi penonton NBL Indonesia tumbuh 50% di tahun ini, hal ini diungkapkan oleh Pengelola Liga PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia, Pada musim 2011/2012 ini NBL Indonesia mampu menyedot 151.369 penonton lebih banyak 50% dari musim 2010/2011 yang mampu menyedot 103.314 penonton. Dalam laga final NBL Indonesia yang dipadati oleh 8000 lebih penonton merupakan sejarah dalam Liga Profesional Basket di Indonesia, karena itu merupakan jumlah penonton terbanyak dalam Liga Professional Basket di Indonesia. Dalam dua tahun NBL Indonesia mampu membuat para pencinta basket berbondong – bondong menyaksikan langsung NBL Indonesia yang sebelumnya Liga Professional Basket di Indonesia yang bernama Indonesia Basket League (IBL) hanya disaksikan 250 penonton/hari. Dari segi jumlah penonton terlihat jelas bagaimana NBL Indonesia mampu menghidupkan kembali Liga Basket Professional di Indonesia menjadi sebuah liga yang berbasis Sport Industry. Bahkan bukan hanya sekedar menghidupkan tapi NBL Indonesia dapat dikatakan sebagai “ Leader Market “ dalam liga professional olahraga di Indonesia dalam dua tahun terakhir ini. Untuk Women National Basket League (WNBL) Indonesia yang tahun ini baru diselenggarakan juga membuat harapan baru bagi liga professional basket wanita itu, tidak disangkan antusias penonton begitu besar dalam liga perdananya ini. Dalam laga pembukaan WNBL Indonesia disaksiakan 1000 orang lebih penonton, dan dalam partai final ribuan orang datang ke GOR UNY untuk menyaksikan partai final. Indikasi ini sangat baik dalam sebuah industri olahraga liga di Indonesia. Dari segi Sponsor, liga basket professional membuktikan kepada Khalayak umum bahwa dengan tidak menggunakan sposor “ ROKOK ‘ mereka bias menjadi sebuah liga yang professional dan menjadi Leader Market dalam industri liga professional di Indonesia. Dalam musim kompetisi 2011/2012 sebanyak 13 sponsor yang bergabung. Ini menandakan bahwa NBL Indonesia memiliki konsep yang baik dan memiliki karakter yang membuat sponsor mau berbondong – bondong menjadi sposor NBL Indonesia.
Dalam sebuah artikel yang diambil dari www.NBLindonesia.com tentang acara Grand Final NBL Indonesia menunjukan PT DBL Indonesia menyuguhkan show spektakuler dan mampu memberikan memorable Experince bagi para penonton yang hadir di GOR UNY ataupun mereka yang menyaksikan di layar kaca.
“ PRESENTERtelevisi nasional Terry Putri langsung berdiri. Dia bertepuk tangan dengan riang saat melihat gambar Championship Trophy yang terpapar dari kain putih segi empat di tengah lapangan GOR UNY, Jogjakarta. "Merinding sekali rasanya. Baru kali ini saya melihat opening yang seperti ini. Luar biasa untuk ukuran final. Jadi memang sangat penasaran melihat keseluruhan event. Habis ini apa lagi ya," ucapnya Tidak hanya Terry. Lebih dari delapan ribu penonton yang memadati GON UNY mungkin merasakan hal serupa. Mereka bertepuk tangan riuh menyaksikan opening sequence yang dahsyat tersebut. PT DBL Indonesia selaku penyelenggara liga memang melakukan persiapan dengan sangat serius menjelang partai grand final. Saat seremonial memperdengarkan lagu Indonesia Raya yang dilakukan para pemain, lapangan sudah separo dipadamkan. Permainan lampu dilakukan. Sedangkan seluruh lapangan ditutup dengan kain putih.
Penonton dihibur dengan musik dan aksi kelompok perkusi. Mereka memainkan beberapa lagu. Senyampang itu, lima puluh kru membawa masing-masing kain putih ke tengah lapangan. Mereka membentuk kotak di tengah lapangan. Kotak dari kain itu menampilkan video perjalanan Flexi NBL dalam satu musim kompetisi. Momen-momen menarik dari tiap tim yang berlaga ditayangkan. Puisi pematung terkenal Indonesia yang juga kreator Championship Trophy, Nyoman Nuarta, mengiringi video itu. Penonton, sekali lagi, memberikan tepuk tangan meriah melihat momen itu.Puncaknya adalah saat empat lembar kain putih di angkat ke atas lapangan. Sekali lagi, video menampilkan dua tim finalis, SM dan Aspac. Dan, ribuan penonton pun bertepuk tangan dengan riuh. Banyak di antara mereka bahkan memberikan standing ovation. Kejutan belum selesai. Wajah pemain starter dari dua tim ditampilkan di lapangan yang tertutup kain putih itu. Begitu juga logo tim.(www.NBLindonesia.com)”
Dari artikel diatas bisa digambarkan bahwa penonton banyak yang penasaran dengan acara pembukaan Grand Final NBL Indonesia 2011/2012. Pihak panitia mampu membuat para pencinta basket bertanya Tanya apa yang akan disajikan dalam acara tersebut. Dan hasilnya para pencinta basket Tanah Air memiliki sebuah pengalaman yang menakjubkan dalam Grand Final NBL Indonesia tersebut. Namun sayang banyak para pencinta basket di Indonesia yang kurang greget ketika melihat partai Final antara Satria Muda Britama vs Dell Aspac, Dell Aspac dalam pertandingan tersebut terlihat tidak menampilkan permainan terbaiknya, padahal penonton mengharapkan pertandingan berjalan spektakuler seperti ceremony Grand Final NBL Indonesia 2011/2012. Lalu Bagaimana NBL Indonesia mampu menjadi Leader Market Liga Professional di Indonesia ???????????????????????
Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah NBL dan WNBL Indonesia mampu menerapkan Branding, with Character dalam sebuah liga. Berikut Branding Character (Teori menurut Hermawan Kartajaya dan Ardhi Ridwansyah dari MarkPlus Institute of Marketing) dalam NBL dan WNBL Indonesia.
Branding with Character
NBL Indonesia merupakan sebuah merek dari Liga Professional Basket di Indonesia, sama halnya dengan WNBL Indonesia. PT DBL Indonesia sebagai pengelola Liga Basket Professional di Indonesia memahami benar bagaimana sebuah merek/brand ibarat jasad yang harus siap di telanjangi. Oleh karena pentingnya merek maka pihak pengelola langsung me re-branding dari Indonesia Basket League (IBL) menjadi National Basket League (NBL) Indonesia, dan setelah pergantian ini pihak pengelola liga berusaha untuk membangun brand yang memiliki karakter , karena karakter ini lah yang nanti akan dilihat, diraba, dan dirasa oleh para pencinta basket, dan selanjutnya akan menjadi sebuah alasan untuk dicintai dan dibela. Hal ini terbukti dalam NBL Indonesia, banyak pecinta basket di Indonesia yang berada diluar kota Yogyakarta berbondong – bondong ingin menyaksikan laga Grand Final NBL Indonesia, mereka rela melakukan perjalanan jauh, mengantri tiket dan menunggu pertandingan dimulai, ini semua karena mereka benar – benar mencintai NBL Indonesia sebagai sebuah merek/brand. Apa saja yang dilakukan PT DBL Indonesia dalam membangun Branding with Character ini :
1. NBL Indonesia memiliki DNA yang unik dibandingkan dengan liga – liga olahraga lain di Indonesia, DNA itu bisa dilihat dari bagaimana NBL Indonesia mengkemas acara selama liga berlangsung. Hal yang paling terlihat adalah ketika partai Grand Final NBL Indonesia bergulir, pengelola NBL Indonesia mampu menepati janji mereka untuk memberikan laga yang spektakuler. Berusaha menepati janji dan memeliki DNA yang unik adalah sebuah usaha NBL Indonesia sebagai sebuah merek dalam membangun trustworthiness dan integritas .
2. Dalam NBL Indonesia menghadirkan beraneka ragam karakter orang, tapi NBL Indonesia mampu memperlakukan orang lain termasuk para pecinta basket dengan hormat. Banyak para atlet yang terlibat dalam NBL Indonesia yang memperlakukan fans – nya dengan hormat. Padahal banyak diatara kita yang memiliki image bahwa seorang atlet basket adalah atlet yang angkuh dan sombong. Adanya kegiatan donor darah, NBL Indonesia berbagai yang selalu ada dalam liga NBL Indonesia menandakan bahwa mereka yang terlibat dengan NBL Indonesia memiliki jiwa social yang tinggi.
3. Semua pihak yang terlibat dalam NBL Indonesia selalu melaksanakan tugasnya dengan tanggung jawab. Tanggung jawab itu dapat dilihat ketika di lapangan maupun diluar lapangan. Didalam lapangan para atlet dan pelatih atau official akan terlihat professional dalam laga pertandingan. Dan diluar lapangan tanggung jawab itu dapat dilihat dari kegiatan NBL Indonesia yang mengajak para atlet dekat ke masyarakat dengan kegiatan – kegiatan sosialnya.
4. NBL Indonesia sebagai sebuah merek berhasil membangun Fairness, NBL Indonesia menggunakan kesempatan berbagi kepada sesama, memiliki pikiran terbuka dan satu hal yang dapat kita lihat adalah para pihak yang terlibat dalam NBL Indonesia mampu mendengarkan pendapat orang dengan obyektif. Hal ini dapat dilihat dengan adanya kesempatan bagi para pencinta basket untuk memberikan saran, kritik ke NBL Indonesia. Dan yang paling nyata adalah para peserta NBL Indonesia bermain ssuai dengan peraturaan yang telah disepakati bersama.
5. NBL Indonesia selalu berusaha mengekspresikan rasa terimakasih kepada para penonton, hal ini dapat dilihat dari para atlet yang berlaga di NBL Indonesia yang selalu mengekspresikan ucapan terimakasih kepada penggemarnya, Tidak hanya itu NBL Indonesia leawat situs resminya sering mengexpresikan rasa terimaksih kepada para pencinta basket di Tanah Air.
Satu hal yang perlu dipelajari dari NBL Indonesia adalah pengelola, pelatih, atlet, official club dan pihak sponsor memiliki peran yang sangat besar dalam menjadikan NBL Indonesia sebagai merek yang memiliki karakter yang kuat, mereka semua sadar bahwa mereka adalah produk dari NBL Indonesia itu senidir, sehingga mereka akan memberikan yang terbaik buat NBL Indonesia itu sendiri.
Liga Basket Indonesia dengan NBL dan WNBL Indonesia sudah terlahir menjadi sebuah liga yang memiliki karakter yang kuat dibandingkan liga – liga olahraga lainnya. Bola Voli dengan Proliga – nya yang dulu memiliki karakter yang kuat tiba – tiba menjadi pudar diakhir – akhir ini, Sepak Bola dengan jumlah penonton yang cukup besar di Indonesia pun belum memiliki karakter yang kuat seperti bola basket, adanya dua liga professional di sepak bola dan perseteruan dua pihak dalam sepak bola menyebabkan industry olahraga di cabang ini masih jaun dari sebuah karakter yang kuat. Tahun lalu penulis memberikan sebuah tantangan tentang Liga Bola Basket Professional untuk wanita, dan tahun ini PT DBL Indonesia berhasil menyelenggarakanya dengan baik di tahun pertamanya. Liga lainnya pun belum mampu ada yang menandingi Liga Basket ini. Buat cabang lain jangan segan untuk belajar dari PT DBL Indonesia dalam mengelola liga, karena dengan liga yang baik maka Industri Olahraga akan tumbuh dengan sendirinya dan tentu prestasi akan muncul.
Selamat kepada seluruh pihak yang telah membuat NBL Indonesia dan WNBL Indonesia yang berhasil dengan sukses menyelenggarakan Liga Basket Professional Indonesia di tahun 2011/2012 ini, tugas berat bagi pihak pengelola untuk minimal mempertahankan prestasi saat ini.
SALAM OLAHRAGA !!!!!!!!!!!!!!!!!1
Daftar Pustaka
www.NBLindonesia.com
Hermawan Kartajaya dan Ardhi Ridwansyah; 2012; Brand with Characther; PT Gramedia Pustaka Utama; Jakarta
Penulis ; Joko Purnomo, SAB
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
permisi, saya kutip tulisan ini ya :). saya mahasiwa komunikasi ingin meneliti tentang fanatisme yang terjadi dalam olahraga. trims
BalasHapus