Kelahiran web teknologi seperti blog, vblog, chat, tags, wikis, RSS, dug, coComment, internet messenger, podcast, social marketing serta semakin maraknya jejaring sosial seperti facebook dan twitter telah merubah konsumen untuk semakin memiliki kebebasan untuk berkomunikasi, berinteraksi, berbagi dan berkomunitas. Ini semua mengakibatkan individu – individu menjadi makhluk yang semakin mengelompok, berinteraksi intens satu sama lain dan berkomunitas. Munculnya komunitas – komunitas di Indonesia menandakan bahwa perubahan itu sedang terjadi. Hal ini pun terjadi dalam dunia olahraga di Indonesia, komunitas – komunitas olahraga muncul baik itu secara online maupun secara offline. Kita bisa lihat di jejaring sosial bagaimana komunitas olahraga memiliki tujuan, nilai – nilai dan identitas yang sama. Komunitas olahraga di Indonesia dapat dibedakan sebagai berikut :
1. Komunitas Bentuk Pools
Komunitas bentuk pools adalah komunitas yang paling organic atau natural, tidak usah dibentuk pun mereka sudah memiliki komunitas tersendiri karena mereka memiliki nilai – nilai, identitas, dan aktivitas yang sama dan tergabung karena adanya pooling factor yang jelas dan kuat (Kartajaya ; 90 ; 2010). Contoh Komunitas bentuk pools adalah BASO Indonesia, BASO Indonesia adalah perkumpulan para pecinta olahraga basebol dan sofbol di Indonesia. Mereka terdiri dari pemain, pelatih, pengurus dan pecinta basebol dan sofbol di Indonesia yang memiliki nilai – nilai, identitas dan aktivitas yang sama. BASO Indonesia terbentuk karena memiliki pooling factor yang jelas yaitu untuk kemajuan basebol dan sofbol di Tanah Air. Di Indonesia komunitas olahraga bentuk pools sangat banyak, selain BASO Indonesia ada VOLIMANIA, Komunitas Supporter Sepak Bola Tanah Air dan masih banyak lagi
.
2. Komunitas Bentuk Hubs
Komunitas bentuk hubs bersatu atau terjadi karena adanya kekaguman anggotanya terhadap suatu individu. Komunitas Penggemar Taufik Hidayat adalah contoh komunitas yang hubs seperti ini. Sayangnya komunitas seperti ini biasannya mengadalkan magnet atau ikon. Artinya, keterikatan anggota komunitasnya pada daya magnetik dari ikon tersebut sangat kuat. Dengan demikian. Keterikatannya bisa jadi hanya bersifat temporer. Begitu kekuatan magnetik dari Taufik Hidayat meredup atau tidak ada lagi, mereka akan kembali ke komunitas mereka masing – masing yang sporadiks seperti pools tadi itu. Contoh lain dapat kita lihat di klub – klub olahraga di Indonesia seperti Aremania, Bonek, jakmania di sepak bola atau Komunitas PB Djarum di Bulutangkis atau Komunitas P2B Sananta, Samotor Surabaya di Bola Voli. Komunitas ini memiliki identitas terhadap masing – masing klub yang mereka banggakan dan mereka bersatu melawan tim rival. Untuk menguatkan komunitasnya mereka terus bermain di model hub dengan cara mendatangkan pemain bintang.
3. Komunitas Bentuk Webs
Komunitas bentuk webs adalah komunitas yang paling kuat dan stabil, dimana para anggotanya punya hubungan yang cukup erat satu sama lainnya. Komunitas seperti ini terbentuk karena adanya hubungan antar anggota satu sama lainnya. Komunitas seperti ini secara alamiah gampang terjadi di Web. Banyak contoh komunitas olahraga dengan model webs seperti komunitas Badminton Mania atau Persatuan Supporter Atlet Indonesia dan masih banyak lagi contohnya.
Banyaknya komunitas olahraga di Indonesia ini lah yang dapat digunakan penyelenggara Sea Games untuk startegi mereka memasarkan Sea Games XXVI Jakarta dan Palembang. Ajak para komunitas ini untuk ikut serta dalam menyiapkan Sea Games, sebagai contoh Komunitas BASO Indonesia dirangkul untuk berkreasi untuk penyelenggaran Sea Games di cabang basbol dan sofbol, seperti dijadikan LO atau mereka diajak juga dalam menentukan konsep penyelenggaran cabang basbol dan sofbol di Sea Games. Dengan ikutnya komunitas maka akan muncul sebuah emotional diantara mereka dan dengan sendirinya akan terjadi obrolan tentang sea games di komunitas BASO Indonesia. Dengan begitu kita dapat melihat bagaimana kekuatan dari word of mouth. Hal yang sama juga bisa diterapkan di olahraga lainnya dengan merangkul komunitas – komunitas olahraga yang berkaitan untuk ikut serta dalam merancang, merencanakan dan terlibat langsung dalam sea games XXVI di Jakarta dan Palembang. Ini adalah startegi yang efektif dan efisien dalam mendatangkan penonton ke nomor – nomor pertandingan selama Sea Games. Salam Olahraga !!!!!!!!!
Penulis ; Joko Purnomo SAB
Sumber Bacaan
Kartajaya Hermawan dkk, 2010, Connect Surfing New Wave Marketing. PT Gramedia Pustaka Utama ; Jakarta.
Salam kenal...
BalasHapusWah... Artikel yang menarik...
Kalau boleh tau nie... komunitas olahraga minimal satu tim terdiri dari berapa orang ya? dan apakan setiap tim boleh memiliki baju senam yang sama untuk identitas?
Thanks ya,,,...
WINNING303
BalasHapusMemberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
Hanya di Winning303...
Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook / SBOBET
2. Live Casino / Baccarat live sexy
3. Slot Online / Slot JOKER
4. Sabung Ayam S128 / sv388
5. Poker IG / Poker IDN POKER
6. TOGEL SGP
PENAWARAN PROMOSI: DAFTAR SEKARANG
Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS
• Bonus new member 20%
• Bonus Next Deposit 10%
• Bonus rollingan poker sampai 0,7%
• Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
• Bonus Cashback 5-10 %
• Bonus Menang 7x sabung ayam sv388
Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di : DAFTAR SEKARANG
Website : Winning303. casino
WA: 087785425244