Senin, 16 Mei 2011

INDUSTRI OLAHRAGA BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP


World Conference on Sports and The Environment baru saja diselenggarakan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan United Nation of Environment Programme (UNEP) di Doha Qatar sejak 30 April hingga 2 mei. Sejak 9 tahun yang lalu IOC sudah memulai kampanyenya tentang kepedulian tehadap lingkungan hidup. Namun hingga sekarang gaung nya belum terdengar. Dalam konferensi dunia olahraga dan lingkungan dibahas mengenai bagaimana peran olahraga dalam menjaga lingkungan, namun dalam tulisan ini saya akan membahas bagaimana mengelola sebuah industri olahraga yang peduli terhadap lingkungan hidup. Harus diakui bahwa di Indonesia perkembangan industri olahraga yang berbasis lingkungan hidup sampai sekarang belum terlihat wujud nyatanya. Berbeda dengan negara – negara lain yang telah memasukan konsep kepedulian lingkungan dalam industri olahraga. China dengan Olimpiadenya berhasil mengurangi pengeluaran CO2 sebesar 30% selama Olimpiade berlangsung tahun 2008, Inggris yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2012 lebih hebat lagi dalam memasukan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Inggris dengan konsep “ One Planet Olympic “ nya berhasil mengurangi pemakaian semen sebesar 40%, Mengurangi Limbah yang ditimbulkan akibat pembangunan venue, ataupun penggunaan transportasi yang mampu mengurangi pencemaran hingga 85% karena menggunakan kereta magnet. Contoh lainya industri olahraga yang menerapkan konsep peduli terhadap lingkungan adalah NBA, kompetisi liga basket terpopuler dan terlaris didunia ini setiap tahunya selalu mengadakan liga yang ramah lingkungan. Selama seminggu liga basket ini benar – benar memasukan unsur kepedulian terhadap lingkungan, mulai dari penggunaan kaos tim yang ramah lingkungan, penggunaan bola yang kesemuanya itu akan dilelang setelah pertandingan usai, hasil semua lelang itu 100% digunakan untuk memperbaiki lingkungan. 

LALU BAGAIMANA DENGAN INDONESIA ????????

Industri olahraga di Indonesia masih dalam tahap permulaan, bila dibandingkan dengan negara – negara lainnya Industri Olahraga di Indonesia masih tertinggal. Oleh karena –nya Industri Olahraga di Indonesia masih jauh dari yang namanya unsur “ Kepedulian Terhadap Lingkungan “. Namun tidak ada kata terlambat bila Indonesia memasukan unsur kepedulian terhadap lingkungan. Memang sangat menyayangkan ketika SEA Games 2011 akan berlangsung di Palembang, pembangunan venue SEA Games banyak mengorbakan ribuan pohon dan taman kota di Palembang. Walaupun pihak panitia mengatakan bahwa sekitar venue – venue SEA Games nanti tidak boleh ada kendaraan berbahan bakar bensin untuk masuk ke dalam lingkungan venue. Disisi lain dalam liga – liga olahraga di Indonesia masih belum ada liga yang benar – benar memasukan unsur lingkungan secara nyata, mungkin yang saya tahu hanya NBL Indonesia ketika seri Bandung, beberapa pemain basket mulai mengkampanyekan pentingnya lingkungan dengan bergabung dalam acara car free day. Begitupula dengan industri – industri alat – alat olahraga yang masih belum memasukan unsur lingkungan dalam aktivitas produksinya.  Dibalik itu semua petinggi olahraga Indonesia, Rita Subowo bertekad untuk memasukan unsur peduli lingkungan dalam olaharaga, hal yang senada juga disampaikan pihak panitia PON 2012 Riau yang mengatakan bahwa PON 2012 menggunakan theman “ Green PON “. Mudah – mudahan ini sebagai awal bagi dunia olahraga Indonesia yang peduli terhadap lingkungan yang akhirnya mengakibatkan Industri Olahraga di Indonesia juga memiliki kesadaran akan kepedulian lingkungan.


LALU BAGAIMANA CARANYA MEMASUKAN UNSUR KEPEDULIAN LINGKUNGAN DALAM INDUSTRI OLAHRAGA ????????????????????


Ada beberapa macam strategi memasukan unsur kepedulian lingkungan hidup dalam industri olahraga, yang terpenting adalah para petinggi – petinggi olahraga dan stakeholder olahraga lah yang harus memulainya. Dalam Undang – Undang Sistem Keolahragaan Nasional Nomor III tahun 2005, Pasal 57 ayat c tertera bahwa  “ setiap olahragawan ikut menjaga upaya pelestarian lingkungan hidup “. Bila kita kaitkan dengan industri olahraga, maka dapat disimpulkan bahwa olahragawan merupakan salah satu produk dari industri olahraga, dan tidak salah bila club basket Satria Muda melakukan branding terhadap atletnya, oleh karena itu strategi pertama dalam memasukan unsur kepedulian lingkungan hidup adalah dengan melibatkan para olahragawan/atlet untuk menjadi media dalam mengkampanyekan kepedulian lingkungan hidup. Memang harus diakui masih jarang olahragawan/atlet yang peduli terhadap permasalahan – permasalahan lingkungan hidup. Jadi mulai sekarang stakeholder olahraga harus menggandeng oragnisasi – organisasi yang peduli terhadap lingkungan hidup untuk memberiakan pembelajaran kepada olahragawan/atlet agar mereka peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, setelah melakukan pembelajaran ini para atlet/olahragawan lah yang akan menjadi lokomotif dalam mengkampanyekan kepedulian terhadap permasalahan lingkungan hidup. Ada beberapa faktor mengapa olahragawan menjadi lokomotif dalam mengkampanyekan kepedulian lingkungan hidup dalam konsep industri olahraga :
1.       Olahragawan/Atlet memiliki penggemar/konsumen yang fanatik sehingga ketika olahrawagan/atlet melakukan sesuatu maka tidak jarang banyak penggemar/konsumen yang akan mengikutinya.
2.       Olahragwan/Atlet sebagai produk dalam industri olahraga harus memiliki sebuah karakter yang kuat, dan ketika olahragawan/atlet mengusai dan memiliki gaya hidup yang peduli terhadap lingkungan, maka secara otomatis karakter olahragwan/atlet tersebut akan menjadi sebuah diferensiasi disamping memperkuat karakter olahragawan/atlet itu sendiri.
3.       Olahragwan/Atlet merupakan sosok yang dapat dijadikan inspirasi oleh kaum muda, sehingga ketika seoarang olahragwan/atlet memeliki kepedulian terhadap lingkungan diharapkan dapat menularkannya kepada kaum muda yang mengispirasi olahragawan/atlet.
4.       Bila Olahragawan/Atlet memiliki kepedulian terhadap lingkungan maka dengan sendirinya industri – industri olahraga di Indonesia akan mengikuti bagaimana olahragawan/atlet berperilaku baik dalan pertandingan maupun di luar pertandingan.


Strategi Kedua yang dapat digunakan adalah dengan memasukan unsur – unsur kepedulian terhadap lingkungan hidup dalam setiap acara/event olahraga. Hal ini yang banyak dilakukan dalam event – event olahraga di dunia, seperti contoh yang dilakukan NBA dengan program “ Pekan Hijau “, “ Pekan Hijau “  adalah program rutin NBA untuk menunjukan kepedulian terhadap isu lingkungan serta mengajak para pemain dan penonton untuk memberikan sumbangsih pada penyelamatan lingkungan. Dalam “ Pekan Hijau “ yang dilakukan oleh NBL ini para pemain memakai kaos yang 50% bahannya berasal dari bahan polyester daur ulang serta melelang bola yang 40% bahannya adalah materi daur ulang. Dan selama satu minggu tersebut semua hasil baik dari lelang dan penjualan tiket disumbangkan ke Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam Nasional, sebuah lembaga yang bergerak dalam penyelamatan sumber daya alam di Amerika Serikat.  Contoh lainya adalah apa yang dilakukan China dalam Olimpiade Beijing 2008 yang berhasil mengurangi kadar CO2 hingga 40% lebih, atau bagaimana Inggris yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2012 lebih hebat lagi dalam memasukan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Inggris dengan konsep “ One Planet Olympic “ nya berhasil mengurangi pemakaian semen sebesar 40%, Mengurangi Limbah yang ditimbulkan akibat pembangunan venue, ataupun penggunaan transportasi yang mampu mengurangi pencemaran hingga 85% karena menggunakan kereta magnet. Di Indonesia sendiri masih jarang event olahraga yang memasukan unsur lingkungan hidup dan bila ini diterapkan dalam event olahraga seperti liga – liga olahraga di Indonesia maka akan menjadi diferensiasi yang cukup unik. Bila dilihat dari segi Industri Olahraga ada bebarapa keuntungan dari event olahraga yang memasukan unsur lingkungan hidup, diantaranya :
1.       Event Olahraga yang memasukan unsur kepedulian lingkungan hidup cederung sangat disukai oleh konsumen, sehingga dapat menarik konsumen lebih banyak untuk datang ke event olahraga tersebut.
2.       Yang Paling terpenting adalah pesan yang ingin disampaikan dalam event olahraga yang memasukan unsur lingkungan hidup adalah membuat orang berpikir dan bertanya tentang isu lingkungan hidup, lalu akan makin banyak orang/konsumen yang akan menjadi bagian dari gerakan ini.

Strategi selanjutnya atau yang ketiga adalah dengan memasukan startegi – startegi bisnis berkonsep lingkungan dalam industri olahraga di Indonesia. Startegi – startegi itu bisa dari sisi marketing, keuangan maupun produksi. Dari segi produksi alat – alat olahraga dapat menggunakan ISO 14000, dimana ISO 14000 adalah standarisasi yang memasukan unsur lingkungan hidup. Sehingga apabila alat – alat olahraga buatan Indonesia lulus ISO 14000 maka dapat dipastikan produk alat – alat olahraga tersebut ramah terhadap lingkungan. Dari segi marketing  dapat menggunakan konsep “ green marketing “ sebuah konsep marketing yang mengedapankan kepedulian terhadap lingkungan dalam memasarkan suatu produk. Dari segi keuangan pun dapat dilakukan dengan kosep “ green Finance “ yang sudah banyak diterapkan di perusahaan – perusahaan di luar negeri. Memang konsep – konsep bisnis yang berbasis lingkungan hidup masih asing terdengar di Indonesia, tapi bukan berarti itu tidak mungkin diterapkan di Indonesia.

Memang Industri Olahraga di Indonesia masih sangat jauh dengan konsep – konsep yang memasukan isu – isu lingkungan hidup, namun mulai hari ini kita semua para stakeholder olahraga di Indonesia harus memulai memasukan unsur lingkungan hidup dalam industri olahraga demi kelangsungan anak dan generasi – generasi yang akan datang. Ibu Rita Soebowo selaku pimpinan tertinggi dalam olahraga Indonesia sudah memulai menggerakan olahraga mulai memperhatikan isu lingkungan hidup, hal ini sangat baik sekali. PON 2012 dengan konsep “ Green PON “ merupakan awal yang baik untuk menunjukan bahwa olahraga Indonesia benar – benar peduli terhadap lingkunagn hidup. Saatnya semua stakeholder olahraga di Indonesia  bersatu untuk mendukung ini semua. Kini saatnya Kita semua berubah atau kita akan mati bersama – sama akibat bencana yang diakibatkan oleh ulah manusia itu sendiri. Salam Olahraga !!! KITA JAGA BUMI JAGA KITA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Penulis : Joko Purnomo, SAB

2 komentar:

  1. Permisi....Numpang Iklan yah Gan......
    1 Account Dengan 6 Games ALL IN 1 ONE GAMES WWW.988POKER.CO Adalah Media Permainan Daftar Poker Gratis,Terbaik dan Terpercaya Sangat Mudah diakses dan bisa dimainkan di Gadget/Smartphone serta Handphone & Tablet berbasis Android,Blackberry dan iOS ataupun Computer.Anda master Texas Poker??? Buktikan di 988Poker.co dan Menangkan Jackpotnya!Ajak Temanmu Main dan Dapatkan Bonus Referal Jutaan Rupiah Nikmati Bonus Promo Lain nya Hanya di WWW.988POKER.CO
    Poker Texas>>Live Poker>>Domino QQ>>Bandar Ceme>>BlackJack>>Capsa Susun Online
    =======>WWW.988POKER.CO
    =======>DAFTAR SEKARANG JUGA
    =======>Agen Judi Online
    =======>Poker Texas
    =======>Domino QQ
    =======>Bandar Ceme
    =======>BlackJack
    =======>Capsa Susun
    >>>>>>>>Berita Nasional
    >>>>>>>>Berita Politik
    >>>>>>>>Berita Megapolitan
    >>>>>>>>Berita Terupdate
    >>>>>>>>Berita Jakarta
    AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA
    988POKER mengutamakan Fairplay dan Kenyamanan Pemainnya, Member bisa menjadi Bandar digame ini bermain bersama teman anda
    atau pun bermain bersama member lainnya,988Poker 100% Player vs Player Tanpa Bot dan tanpa campur tangan admin dan terjamin kerahasiaan data member anda
    988POKER selalu memberikan Pelayanan Tercepat dan kami sangat menghargai bila ada kritikan ataupun masukan dari anda player setia kami
    CUSTOMER SERVICE 24 JAM ONLINE
    Pelayanan Customer Service Online 24 JAM setia menemani anda bermain didukung dengan Costumer Service / Operator yang berpengalaman
    dan kemudahan bertransaksi dengan 4 Bank Lokal Indonesia dan menjamin keamanan serta kenyamanan anda selama bermain di 988poker.co
    Menangkan Hadiah - Hadiahnya Tiap Minggu !!!
    Info Lebih lanjut bisa menghubungi kami melalui :
    Fanpage Facebook : 988POKER
    SMS : 0812-91-8888-08
    WhatsApp : 0812-91-8888-08
    BBM : D62477FB
    LINE : 988bet
    Instagram : 988poker

    BalasHapus
  2. MASIH BINGUNG MAU CARI SITUS BANDAR JUDI TERPERCAYA DAN SANGAT UNTUNG?
    INI DIA DI ZEUSBOLA. ZEUSBOLA ADALAH SITUS BANDAR TERPERCAYA DAN TERPOPULER SEKALI DI INDONESIA LOH BEBS

    PASTINYA ADA BONUS NEW MEMBER, BONUS EVERYDAY, BONUS EXTRA TURN OVER, BONUS CLAIM REWARD, DAN MASIH BANYAK LAGI

    CUKUP DEPO◘IT HANYA DENGAN RP 50.000 KAMU SUDAH BISA BERMAIN SEPUASNYA!
    LANSUNG AJA DAFTAR DAN KAMI MELAYANI DEPOSIT PULSA DAN REKENING


    ♣♣♣FAST RESPON♣♣♣
    ♦♦♦LIVE 24 JAM♦♦♦

    INFORMASI SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI:
    WHATSAPP : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)

    #TOGELONLINETERBAIK #SITUBANDARTERPERCAYA #CASHBACK #BIGBONUS #CASINOONLINE #PROMOZEUSBOLA


    BalasHapus