Minggu, 31 Oktober 2010

Pelajaran Menyenangkan Konsumen Ala AC Milan

Waktu itu, penggemar setia AC Milan yang bernama Andrea (12 tahun) menderita leukimia. Karena penyakitnya sudah kronis dan dokter juga sudah angkat tangan, Andrea pun tinggal menikmati detik terakhir hidupnya,, Menjelang detik - deti terakhir sang bocoh memiliki satu permintaan terakhir. Andrea pada saat itu hanya punya satu harapan, dia berharap bisa melihat senyum sang kapten AC Milan Paolo Maldini untuk terakhir kalinya. Alangkah terkejutnya sang kapten setelah mengetahui permintaan terakhir Andrea. Esoknya maldini dengan satu kostum merah hitam bernomor punggung 3, plus foto dan tanda tangannya,, datang ke rumah sakit tempat Andrea dirawat. Tetapi semua menjadi sia - sia karena sang bocah sudah keburu meninggal dunia. Apa mau dikata, niat baik sang kapten ternyata harus berakhir dengan keharuan. Ternyata bukan itu saja,, Andrea masih meninggalkan keharuan yang lebih mendalam. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Andrea sempat menulis sebuah pesan disecarik kertas kecil.

Ada satu kalimat yang sampai kini tidak bisa dilupakan oleh para pemain Milan, khususnya Maldini. Abnrea menulis " Saya sungguh tidak menyesal ketika saya tidak bisa melihat senyum pangeran saya untuk yang terakhir kalinya. Karena saya akan melihat senyuman dia dari atas sana pada final liga champion mei nanti di old trafford, sewaktu ia mengakat tinggi2 trofi itu. Setelah scudetto mustahil untuk direbut, tolong berjanjilah kepada saya. B awalah troffi liga champion itu kembali ke kota Milan. Saya memang sudah tiada, tapi semangat dan dukungan saya akan selalu ada dalam diri kalian. Saya akan mendukung perjuangan kalian dari atas sana. "

Setelah tiga bulan AC Milan berhasil mengalahkan juventus dengan adu penalti,, Maldini bersama rekan2 satu tim berziarah ke makam Andrea dengan membawa trofi ke tempat peristirahatan terakhir Andrea. Dengan bijak Maldini mengatakan " Saya tentu masih ingat kejadian itu, saya hanya bisa menangis sewaktu melihata Andrea dimakamkan dengan kostum kebanggaan Rossonerri sambil memeluk boneka beruang dan sebuah album berisi foto - foto kami. Waktu itu saya sudah bersumpah untuk membawa Milan menjadi juara liga Champions. Saya juga sudah berjanji pada diri saya dan Andrea bahwa saya akan membawa trofi itu ke makam ini agar Andrea bisa melihat dan juga merasakan gelar ini. Andrea telah menjadi bagian dari tim ini. Dialah pemain kedua belas kami, mendukung kami dan percaya bahwa kami akan melakukan yang terbaik. Kini dia bisa tersenyum bahagia di alam sana. "

Itulah sebuah pelajaran dari AC Milan bagaimana memperlakukan konsumen bukan hanya sebatas transaksi ; ada unag dilayani, tidak ada uang dicuekin. Pikirkan juga saat konsumen sedang kesulitan. Coba pikirkan, ngapain ngurus anak bernama Andrea, toh sudah meninggal dan masih banyak lagi puluhan juta fans di seluruh dunia ? namun, AC Milan memahami marketing, mungkin hanya seorang bocah cilik, tetapi jika Anda memperlakukannya dengan jelek, bisa menjadi cerita yang merusak AC Milan bukan ? Jika ceritanya mengharukan seperti 9ini, bukankah ini meningkatkan citra AC Milan sendiri ?bukankah ini akan menjadi promosi gratis bagi AC Milan. dan ujung2nya, AC Milan memiliki penggemar yang begitu setia bernama Andrea. dan dalam istilah marketing AC Milan sebuah merek dapat dikatakan sebagai brand religioan.

Brand religioan berarti seseorang menggap sebuah merek merupakan teman kehidupan . Lihatlah seorang Andrea yang masih memikirkan AC Milan menjadi " agama " keduabagi Andrea,, ini yang jarang kita lihat dalam sebuah pengelolaan suati club olahraga di Indonesia. mulailah club2 olahraga di Indonesia untuk belajar tentang marketing.


BY : Hermawan Kartajaya (Presiden World Marketing Association)
INDUSTRI OLAHRAGA INDONESIA

1 komentar:

  1. bosan kalah terus?

    silahkan coba daftar di Zeusbola!
    hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa menjadi jutawan lohh bosquu


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #zeusbolaterpercaya#SitusDepositViaPulsa #depositviapulsa #agenSitusDepopulsa #agendepopulsa #agendepopakaiovo #depositviaovo #bonusfreechip #bonusfreebet

    BalasHapus