Minggu, 31 Oktober 2010

Sport Management di Indonesia : Perspektif Pendanaan

Beberapa penelitian terkemuka menunjukan adanya hubungan positif antara besarnya jumlah dana yang dialokasikan pemerintah untuk olahraga dengan prestasi yang dicapai. Didalam konteks Indonesia, jika dana yang dimiliki oleh pemerintah terbatas, maka diperlukan konsolidasi antara semua pemangku kepentingan olahraga di Indonesia dalam membangun prioritas untuk merumuskan cetak biru pendanaan olahraga di Indonesia. Lebih lanjut perlu ada strategi untuk memperoleh pendanaan dalam mendukung prestasi cabang - cabang olahraga lainnya yang bukan merupakan prioritas alokasi dana pemerintah.

Untuk menjawab permasalahan ini, maka kita dapat mulai prosesnya dengan memetakan siapa saja yang mempunyai kepentingan dalam pencapaian prestasi olahraga di Indonesia. Selanjutnya memetakan sumber pendanaan olahraga di Indonesia dan bagaimana mengintegrasikan berbagai sumber pendanaan ini, sehingga kita dapat membangun strategi pengelolaan pendanaan yang terintegrasi. Didalam konteks Indonesia, maka ada lima pihak yang mempunyai kepentingan yaitu : pemerintah pusat dan daerah, media, swasta/perusahaan, masyarakat dan atlit. Dari lima pihak ini, maka kategori sumber pendanaan olahraga di Indonesia terdiri dari pengeluaran rumah tangga untuk olahraga, anggaran olahraga pemerintah daerah, pendanaan pihak swasta/perusahaan dan media, serta anggaran pemerintah pusat untuk olahraga. Atlit adalah fokus utama yang menjadi dasar perumusan cetak biru pengelolaan pendanaan dalam mendukung siklus hidup atlit sebagai pelaku utama/ ujung tombak peningkatan prestasi olahraga nasional.

Keterbatasan dana pemerintah menuntut cabang - cabang olahraga lain yang belum menjadi prioritas pendanaan pemerintah perlu menggalang dana kolektif dari masyarakat dan swasta. Penggalan dana ini menuntut federasi dan klub untuk transparan dalam pengelolaan dana. Transparasi ini adalah bentuk usaha federasi dan club untuk memperoleh kepercayaan publik sebagai pemangku kepentingan yang potensinya besar untuk mendukung olahraga di Indonesia. Selain itu federasi dan club harus mampu merumuskan strategi pemasaran untuk menarik investor dari pihak swasta. Dengan jumlah pertisipan olahraga di Indonesia sebesar 140 juta orang, dan target dana yang digalang di masyarakat sebesar 20rb rupiah saja per kapita / pertahun, maka potensi total akumulasi dana yang diperoleh adalah 280 milyar per tahun.

Sebagaii penutup, potensi olahraga di Indonesia sangat besar, potensi ini dapat dimanfaatkan hanya melalui kerjasama yang sinergi antara semua pemangku kepentingan olahraga, bersatu padu membangun dan konsistensi mengaplikasikan cetak biru olahraga di Indonesia

2 komentar:

  1. KABAR BAIK


    Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda benar-benar membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berhutang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan pinjaman perusahaan , Dan segala macam pinjaman dengan bunga 2% !!! Karena tahun ini akan segera berakhir, kami memiliki penawaran pinjaman Natal. kami berada di Maria Annette Loan Company, kami menjamin semua klien kami yang berharga bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu tanpa biaya untuk membayar.

    Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kami sekarang melalui email:

    Susanbowmanloancompany@gmail.com


    dan Anda juga bisa mendapatkan perusahaan Via whatsapp dengan nomor ini

    +1 (859) 777-1805


    Informasi Peminjam:


    Nama lengkap: _______________

    Negara: __________________

    Jenis Kelamin: ______________________

    Umur: ______________________

    Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: _________________

    Durasi Pinjaman: ____________

    Pinjaman bunga: _____________

    Nomor telepon: ________


    Ibu. Susan bowman

    BalasHapus

  2. MODAL 50 RIBU SUDAH BISA JADI JUTAWAN!


    LANSUNG CEK ZEUSBOLA YA BOSQU



    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #depositaman #situsbandarterpercaya #pokeronline #depositpulsa #promoterbaru #sabungayam #zeusbolaterbaik #slotjudionline #bonusterbaik

    BalasHapus