Selasa, 05 Oktober 2010

SEA GAMES SEBAGAI SEBUAH INDUSTRI OLAHRAGA


Dalam tulisan ini saya akan mencoba membahas mengenai bagaimana suatu event olahraga mampu menghasilkan sebuah keuntungan bagi semua steakholder olahraga di negeri ini. Dalam hal Industri Olahraga Indonesia benar-benar masih tertinggal jauh dengan negara-negara tetangganya. Baru-baru ini Singapura berhasil dengan sukses menyelenggarakan Youth Olympic Games. Bila kita melihat situs resmi Youth Olympic Games berderet sponsor ikut serta dalam ajang multi event tersebut. Dalam ajang Youth Olympic kemarin Singapura menganggarakan dana 49 milira euro, namun pada kenyataannya biaya yang dikeluarkan oleh Singapura melonjak menjadi tiga kali lebih besar dari dana yang telah dianggarkan. Menteri masyarakat, pengembangan pemuda dan olahraga Singapura, Vivian Balakrishnan mengaku bahwa kekurangan dana itu mampu ditutupi dengan cara menarik perusahaan – perusahaan raksasa dunia untuk menjadi sponsor dalam acara tersebut. Namun, Balakrishnan menunjukkan bahwa ekonomi Singapura telah menerima dorongan selama Olimpiade, yang juga mengembangkan budaya olahraga di kota-negara dan meletakkannya dalam buku-buku sejarah Laos sebuah negara yang dikatakan belum berkembang mampu menyelenggarakan Seagames dengan elagan di tahun 2009 lalu, walaupun kita tahu negara tersebut mendapat bantuan dari Thailand dan Vietnam, namun hal yang perlu dicermati adalah bagaimana mereka bekerja secara tim dan mampu menjadikan sebuah event olahraga di kawasan Asean itu sebagai Industri Olahraga.

Baru-baru ini ada suatu event olahraga di Indonesia yang menurut saya sudah mengarah atau memiliki konsep yang mengarah kepada Industri Olahraga yaitu Kejuaran Bulutangkis Djarum Indonesia Super Series. Pihak penyelenggara sudah mulai memasukan nilai – nilai bisnis, dengan tetap di dalam ruang lingkup untuk memajukan olahraga Indonesia. Penyelenggara telah mampu menangkap pesan dari pelanggan dalam kejuaran kali ini. Berbagai acara menyambut kejuaran ini sudah terdengar gaungnya sebulan sebelum pelaksanaan. Kejuaran Bulutangkis kali ini memiliki diferensiasi yang sangat terlihat dibandingkan kejuaran bulutangkis serupa di negara lain.Hal ini bisa dilihat dari ; adanya maskot, adanya gerai-gerai produk di sepanjang tempat penyelenggaraan, jumpa Atlit bagi para pengunjung dan tentu fans, Adanya ritual membatik bagi atlet yang akan berlaga sampai dengan atlet bulutangkis dunia yang menggunakan pakaian tradisioanal Indonesia bahkan strategi pamasaran mereka yang gencar di dunia maya baik di komunitas bulutangkis maupun di jejaring sosial lainya. Dengan diferensisasi yang dimiliki, Djarum Indonesia Super Series berhasil dalam hal penyelenggaraan

Tahun 2011 Indonesia dipercaya akan menjadi Tuan Rumah Sea Games, sebuah Multievent yang sangat prestise di Asia Tenggara. Sea Games merupakan kesempatan yang sangat baik untuk menerapkan konsep – konsep Industri Olahraga, yang selama ini masih jarang digunakan. Oleh sebab itu saya berusaha memberikan sebuah gambaran bagaimana Indonesia mampu menjual ajang multievent ini kepada masyarakat Asia Tenggara dan Indonesia pada khususnya.

Hal pertama yang harus diketahui adalah siapa konsumen kita sekarang ?? yang menjadi konsumen dalam ajang seagames antara lain adalah :
1.       Masyrakat Indonesia
Konsumen pertama sudah pasti adalah masyarakat Indonesia. Dengan adanya ajang event sea games membuat nasionalisme masyrakat Indonesia meningkat. Hal ini lah yang harus dapat dimanfaatkan. Karena dengan diadakan di dua kota yaitu Palembang dan Jakarta akan membuat konsumen tidak terkonsentrasi pada satu tempat, sehingga pergerakan konsumen akan lebih baik.
2.       TTI
Meminjam istilah Hermawan Kartajaya TTI adalah sebuah singkatan dari trader, tourist dan investor. Berikut ini adalah penjelasannya.
a.      Trader
Trader adalah pedagang, kita ketahui bersama setiap penyelenggaran event – event olahraga akan muncul pasar – pasar dadakan baik itu yang resmi dikelola oleh pihak pengelola maupun yang illegal. Pedagang – pedagang inilah merupakan salah satu konsumen dari event olahraga sea games. Karena mereka tidak hanya berdagang saja namun juga akan melakukan perilaku konsumsi.
b.      Tourist
Wisatawan adalah salah satu konsumen dari event sea games, karena tidak hanya yang berasal dari dalam negeri namun juga yang berasal dari luar negeri khususnya mereka yang negaranya mengambil bagian dalam acara seagames.
c.       Investor
Investor dalam acara event sea games sudah terlihat sebelum penyelenggaran sea games secara resmi dimulai. Sea Games memerlukan banyak pembangunan – pembangunan  sarana fisik dan non-fisik yang membutuhkan dana yang cukup besar. Mereka tidak hanya sebagai investor saja, namun mereka  akan menjadi konsumen ketika sea games mulai bahkan dengan ada adanya sea games kemungkinan besar akan datang para investor – investror lainya yang tertarik pada dunia industri olahraga di Indonesia baik itu dari dalam maupun dari luar negeri yang akan menjadi sponsor.
3.       TDO
Masih meminjam istilah Hermawan Kartajaya dan MarkPlus-nya, TDO merupakan singkatan dari talent, organizer dan developer. Berikut ini adalah penjelasan dari konsumen yang disebut TDO.
a.      Talent
Talent adalah Sumber Daya Manusia yang berkualitas, dalam hal ini adalah mereka para duta – duta olahraga yang bertanding beserta rombongan setiap negara seperti pelatih, manajer tim, dokter tim dan lain – lainya. Mereka semua ni tidak hanya melakukan pertandingan saja, namun mereka ini lah yang nantinya akan meramaikan belanja konsumsi dari sebuah event olahraga seperti sea games.
b.      Organizer
Organizer dalam hal ini lebih mengarah kepada para orang – orang yang berada di organisasi/kepanitian/kepengurusan sea games yang akan berlangsung. Mulai dari para relawan, wasit, pengurus organisasi olahraga dan sejenisnya. Mereka tidak hanya melakukan tugas atau pekerjaannya selama sea games berlangsung. Mereaka juga merupakan pelanggan yang potensial pada ajang sea games.
c.       Developer
Developer atau pengembang biasanya akan menjadi seorang pelanggan atau konsumen acara suatu event sebelum event tersebut dimulai, sama halnya dengan investor.

Setelah mengetahui konsumen, yang harus diketahui sekarang adalah produk apa yang dapat dijual dalam acara event seperti sea games atau event lainya :

Dalam acara Sea Games banyak sekali produk yang dapat ditawarkan kepada masyarakat, karena perlu diingan bila sebuah penyelenggaran event seperti Sea Games orang yang tadinya tidak suka olahraga akan tiba-tiba menjadi orang yang suka olahraga, Mereka akan muncul rasa nasionalisme, sehingga akan membela negaranya, hal itu pula yang terjadi dengan masyarakat Indonesia. Sebuah survey yang dilakukan pada olimpiade musim dingin di Canada menunjukan bahwa sebanyak 87% penduduk Canada yang tidak suka olahraga melihat pertandingan-pertandinga yang dipertandingkan pada olimpiade musim dingin itu, hal itu pula lah dapat diterapkan pada acara olahraga multievent seperti Sea Games. Berikut ini adalah produk yang dapat ditawarkan dalam ajang Sea Games :
1.       Pertandingan Olahraga
Pertandingan olahraga merupakan produk utama dalam cabang multi event ini, sehingga harus dirancang sedemikian rupa untuk menarik pengunjung datang untuk menyaksikan pertandingan.
2.       Upacara Pembukaan dan Penutupan
Yang menjadi produk utama lainya adalah ketika upacara pembukaan dan penutupan sea games. Setiap orang ingin menjadi bagian dari sejarah dalam upacara pembukaan dan penutupan sea games. Karena dalam rangkaian acara ini akan dijumpai banyak hal seperti pertunjukan seni, pertunjukan kembang api dan tidak ketinggalan para pengunjung dapat melihat idolanya (atlet) dan banyak kegiatan lainya.
3.       Souvenir dan sejenisnya
Sebenarnya inimerupakan produk sampingan, namun justru banyak dicari oleh konsumen. Souvenir atu pernak –pernik ajang multievent biasanya berupa boneka dan miniature mascot, pakaian, topi dan banyal lagi ragamnya.
4.       Alat – alat Olahraga
Alat – alat olahraga biasanya dalam acara multievent seperti seagames penjualannya akan meningkat, hal ini dapat dimanfaatkan oleh mereka untuk dapat menjual produknya ke konsumen.
5.       Sarana dan Prasarana Sea Games
Sarana dan prasarana sea games merupakan produk bagi para investor dan pengembang. 

Penulis : Joko Purnomo 

1 komentar:

  1. bosan kalah terus?

    silahkan coba daftar di Zeusbola!
    hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa menjadi jutawan lohh bosquu


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #zeusbolaterpercaya#SitusDepositViaPulsa #depositviapulsa #agenSitusDepopulsa #agendepopulsa #agendepopakaiovo #depositviaovo #bonusfreechip #bonusfreebet

    BalasHapus